Sukses

Kata-Kata Bijak Fidel Castro yang Dapat Mengubah Hidupmu

Liputan6.com, Jakarta Fidel Castro wafat di usia 90. Ia dikenal dunia sebagai tokoh revolusi yang tangguh. Bersama Che Guevara, Castro pernah melakukan perlawanan gerilya untuk Kuba selama 25 bulan di Pegungunan Sierra Maestra. Dan masih banyak catatan-catatan kudeta yang dilakukan Castro.

Hasilnya, Castro berhasil mengembalikan tampuk kepemimpinan Kuba kepada rakyat. Ia kemudian dipilih menjadi Presiden Kuba sejak 1976-2008. Ia presiden yang sangat dicintai rakyat, tapi dibenci lawan politiknya.

Namun, lantaran faktor kesehatan, di usianya yang ke-80, Fidel Castro menyerahkan jabatannya kepada adik kandungnya, Raul Castro hingga ia wafat pada Sabtu (26/11/2016).

Wafatnya Castro tentu menyita perhatian dunia. Publik pengguna Twitter misalnya, menjadikan tanda tagar #FidelCastro menjadi trending topic dunia. Netizen menyampaikan duka terdalam serta rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada Komandan Utama Revolusi Kuba itu.

Tak sedikit yang mengunggah kata-kata bijak yang pernah Castro ucapkan. Kata-kata itu kerap dikutip dan menjadi penyemangat orang-orang yang berjuang untuk apa saja. Berikut kata-kata bijak Fidel Castro yang melegenda.

"Hukum aku, itu tidak masalah; karena sejarah akan membebaskanku."

"Aku memulai revolusi dengan 82 orang. Jika aku harus melakukannya lagi, akan kulakuan dengan 10 atau 15 orang dan keyakinan penuh. Tidak masalah sekecil apa pun kamu jika kamu mempunyai keyakinan dan perencanaan matang."

"Kita harus menciptakan tatanan dunia baru berdasarkan keadilan, kesetaraan, dan kedamaian."

"Sebuah revolusi adalah perjuangan menuju kematian antara masa depan dan masa lalu."

"Ide itu tidak membutuhkan senjata."

"Jika bertahan hidup dari pembunuhan adalah sebuah cabang olahraga olimpiade, maka aku seharusnya mendapatkan banyak medali emas."

"Seorang atlet yang baik tidak mengenal lelah. Mereka tidak mengenal rasa takut. Atlet yang baik hanya tahu kemenangan."

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

 **Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.