Sukses

Ilmuwan Teliti Teknologi Penglihatan Tembus Tembok, Mungkinkah?

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan tokoh Superman di film kartun tentang manusia super? Dalam cerita fiksi, salah satu kemampuan Superman adalah mampu melihat benda dibalik tembok atau penglihatan tembus tembok.

Kini, kemampuan manusia memiliki pandangan tembus pandang tak hanya berada di cerita fiksi. Dilansir dari Russia Beyond The Headlines, Rabu (5/10/2016), ilmuwan Rusia telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan Anda untuk bisa melihat benda di balik dinding pada jarak 50 meter.

Teknologi ini diciptakan sebuah perusahaan teknologi EMIIA di Krimea, Rusia. Sistem ini dibuat berdasarkan efek Doppler, yaitu ketika terjadinya perubahan gelombang radio yang dicatat pada saat benda bergerak.

“Ini adalah monovision, mata elektronik dengan algoritma berbentuk chip. Teknologi ini dapat diaplikasikan ke perangkat mobile dan peralatan teknik lainnya,” ujar CEO perusahaan Vladimir Starostin menjelaskan kepada Russia Beyond The Headlines.

Menurut Starostin, pengembangan teknologi ini ditujukan terutama untuk menyelamatkan nyawa dalam berbagai situasi.

“Kami tidak menciptakan inovasi ini hanya agar setiap orang dapat ‘mengintip’ aktivitas orang lain. Pada perangkat yang ditujukan untuk digunakan bagi warga sipil, algoritmanya akan dipotong sehingga informasi yang diterima pun dapat dibatasi,” lanjutnya. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Dijatuhkan dari Lantai 148, Begini Kondisi iPhone 7. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.