Sukses

Bak Ikan, Ilmuwan Ajarkan Anjing Bernapas dalam Air

Ilmuwan di Rusia melatih anjing agar dapat benapas di dalam air. Untuk apa seekor anjing benapas didalam air?

Liputan6.com, Jakarta Ada sebuah kabar baik untuk para pecinta anjing. Pasalnya bagi pencinta anjing, hewan berbulu ini dianggap lebih dari sekedar hewan saja dan kerap dijadikan sahabat terbaik oleh manusia. Kelak tak hanya berjalan-jalan di taman, anjing bisa ikut menyelam menemani manusia.

Dilansir dari Rossiyskaya Gazetta, Senin (19/9/2016), sekelompok ilmuwan dari Rusia tengah melatih anjing agar mampu menyelam dan mampu bernapas di dalam air.

"Kami telah memulai uji coba teknologi pernapasan cair pada anjing, " kata Vitaly Davydov, Wakil Direktur Pelaksana Yayasan Riset Canggih sebagaimana dikutip dari laman Rossiyskaya Gazetta.

Teknologi pernapasan cair bukanlah hal baru. Pernapasan cair memungkinkan pengisian cairan khusus kaya oksigen di paru-paru, yang akan memasok kebutuhan oksigen bagi darah.

Teknologi ini digunakan bagi penyelamatan kru kapal selam di bawah laut. Dengan cairan di paru-paru yang memasok tubuh dengan oksigen, para kru kapal selam dapat dengan cepat muncul ke permukaan dan menghindari penyakit dekompresi akibat peningkatan pesat dan penurunan drastis tekanan.

Selain itu, teknologi ini juga dapat digunakan oleh pilot dan astronot. Namun ini kali pertama teknologi pernapasan cair diujicoba untuk anjing. Bagaimana percobaan yang dilakukan? Simak dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Mengapa 90 Persen Wanita Lebih Tertarik Pria Beristri? Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.