Sukses

Siswa SMK di Pekalongan Ciptakan Alat Tambal Ban Portable

Citizen6 Pekalongan - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kembali menciptakan terobosan yang kreatif. Setelah berhasil menyita perhatian masyarakat dengan penemuan mobil Esemka, kini siswa SMK di Pekalongan menemukan alat tambal ban yang sifatnya portable.

Disebut portable sebab pada umumnya perangkat yang dibutuhkan untuk menambal ban sangat ribet dan tidak bisa dibawa ke mana saja. Namun di tangan anak SMK, alat itu dikemas dengan ringkas bahkan bisa diletakkan di dalam jok motor.

Alat yang diberi nama Tyre Press ini ditemukan oleh Muhammad Alfan Alvian, siswa SMK N 1, Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah. Ia mengatakan alat tersebut hanya berupa serangkaian besi dengan bentuk huruf P kemudian ditambah beberapa alat lain yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga sangat ringkas untuk dibawa ke mana saja.

Muhammad Alfan Alvian menjelaskan cara menggunakan Tyre Press

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. "Kita hanya perlu memberi kompon pada lubang, kemudian balut dengan kertas HVS. Tempelkan ke leher knalpot yang masih panas dan kunci pakai Tyre Press," ujar Alfan menjelaskan.

Sesederhana itu, tunggu dulu. Yang menjadi pertanyaan, ketika ban sudah tertambal lalu bagaimana cara memompa ban agar kembali seperti semula. Ternyata ALfan sudah menyediakan alternatifnya.

Muhammad Alfan Alvian menjelaskan cara menggunakan Tyre Press

Dalam serangkaian alat-alat kecil itu, salah satunya terdapat selang sepanjang lebih kurang 1 meter. "Namun itu bukan selang biasa. Selang ini bisa digunakan untuk mengisi angin, yang cukup dimasukkan ke dalam knalpot," ujarnya.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6