Sukses

Cacing Parasit Ternyata Dapat Tingkatkan Kesuburan Wanita

Citizen6, Jakarta Beberapa bulan setelah peneliti yang mengungkapkan bahwa cacing parasit bisa melindungi bayi dari radang otak, kini penelitian terbaru menemukan satu set parasit cacing dapat meningkatkan peluang perempuan untuk melahirkan anak.

Dilansir Dailyoffbeat, Selasa (24/11/2015), penemuan terlampau aneh ini dilakukan oleh para peneliti dari University of California, Santa Barbara (UCSB) yang mempelajari bagaimana cacing parasit dapat mempengaruhi kesuburan para perempuan di Tsimane, sebuah suku di negara Bolivia.

Rupanya, banyak perempuan di Tsimane rata-rata melahirkan sembilan anak. Menurut sebuah penelitian, 70 persen dari populasi suku tersebut diketahui terinfeksi cacing yang menyebabkan para peneliti menduga bahwa parasit cacing yang menjangkit perempuan di Tsimane telah mengakibatkan perempuan di sana memiliki banyak anak.

Sebelum tiba dengan hasil studi mereka, para peneliti yang dipimpin oleh ahli biologi manusia Prof Harun Blackwell menghabiskan 9 tahun untuk mengamati 986 perempuan yang mengalami kesuburan alam dan juga terinfeksi cacing parasit, cacing tambang dan cacing gelang.

"Kami menemukan bahwa spesies yang berbeda dari cacing berhubungan dengan kontras efek pada kesuburan," tulis para peneliti pada studi mereka yang diterbitkan dalam jurnal online Science.

Dalam wawancara dengan BBC, Prof Allan Pacey, dari University of Sheffield yang merupakan ilmuwan kesuburan, mengatakan dia terkejut setelah mengetahui bagaimana cacing parasit tersebut bisa mempengaruhi kehamilan seorang perempuan. Namun, ia tidak menyarankan perempuan untuk sengaja menginfeksi diri dengan cacing agar mendapatkan diri mereka hamil. (Soy/Ul)*

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading