Sukses

Bulan Dana PMI, Kita Bantu Sesama dengan Berdonasi

Banyak masyarakat yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan

Citizen6, Jakarta Hari ini kita melihat bahwa setiap individu lebih mementingkan dirinya sendiri, bersifat individualistik. Tidak peka terhadap lingkungan, dan apa yang terjadi di masyarakat. Banyak masyarakat yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan. Sebagai manusia, tentu kita memiliki hati nurani.

Manusia ialah makhluk sosial, makhluk yang membutuhkan bantuan orang lain. Bagaimana caranya membuat orang lain sadar bahwa di bagian belahan Indonesia lainnya, ada masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan? Yaitu dengan cara membangun kesadaran.

Membangun kesadaran masyarakat tidak mudah. Butuh waktu yang cukup lama untuk membangun kesadaran. Kesadaran akan pentingnya memiliki empati. Kesadaran untuk memiliki jiwa sosial. Kesadaran peka terhadap lingkungan di masyarakat. Membuka mata bahwa di Indonesia ini banyak masalah yang sedang terjadi. Mulai dari bencana alam, politik, ekonomi, pendidikan dan sebagainya. Di butuhkan rasa kemanusiaan untuk membangun kesadaran.

Berbagi penderitaan, berbagi kebahagiaan. Donor darah misalnya, bisa dikaitkan dengan sedekah karena sama-sama berbagi kepada orang lain. Dengan berbagi, sebenarnya kita sama sekali tidak dirugikan. Memang kelihatannya rugi karena telah mengurangi apa yang kita miliki, padahal sebenarnya justru malah bertambah.

Jika anda membuat orang lain bahagia, kebahagiaan anda akan diurus langsung oleh Tuhan. Tetapi anda juga harus menjadi penyebab bagi kebahagiaan anda sendiri. Tidak perlu menunggu orang lain, masyarakat, atau negara berubah.

Anda yang harus berubah. Berubah dengan menjadi lebih baik. Tidak perlu mengharuskan orang lain untuk berubah. Anda tidak perlu bersaing dengan orang lain untuk menjadi yang terbaik. Anda hanya perlu bersaing untuk menjadi diri anda yang lebih baik dari diri anda yang kemarin. Berbuat kebaikan yaitu dengan menolong orang lain yang sedang kesusahan. Jika anda menyegerakan kebaikan, Tuhan akan menyegerakan kebaikan bagi anda.

Selengkapnya

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.