Sukses

Tiga Negara Paling Labil di Dunia Bagian II

Beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika ditetapkan sebagai negara yang kondisinya paling tidak stabil di dunia.

Citizen6, Jakarta Beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika ditetapkan sebagai negara yang kondisinya paling tidak stabil di dunia. Penilaian tersebut dilakukan oleh lembaga bernama Fund for Peace yang memang selalu rutin mengadakan penilaian terhadap tingkat kestabilan kondisi suatu negara. Ketidakstabilan suatu negara biasanya disebabkan oleh adanya perang sipil atau kondisi perekonomian yang buruk. Nah, berikut ini adalah beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika yang paling tidak stabil.

Pakistan 

Selama beberapa tahun terakhir, Pakistan memang menjadi negara yang kondisinya kurang stabil. Pasalnya, banyak permasalahan yang selalu menghinggapi negara tersebut. Sejak lepas dari India pada tahun 1947, demokrasi Pakistan memang sangat lemah. Pakistan juga memiliki hubungan yang kurang baik dengan negara tetangga mereka seperti Tiongkok. Bahkan di perbatasan dengan India, sempat terjadi beberapa kali peperangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yaman

Yaman

Selanjutnya ada negara Yaman, salah satu negara di Timur Tengah yang juga kondisinya sangat tidak stabil. Jika dibandingkan dengan negara tetangga mereka seperti Arab Saudi, kondisi Yaman masih jauh tertinggal. Yaman disebut-sebut sebagai negara termiskin di kawasan Timur Tengah. Sering sekali terjadi ketegangan sipil. Bahkan pertempuran berbagai faksi yang konstan terjadi membuat suasana Yaman juga kurang nyaman bagi penduduknya.

3 dari 3 halaman

Chad

Chad

Afrika juga terkenal dengan banyak negara-negara yang kondisinya tidak stabil dalam berbagai hal. Salah satunya adalah negara Chad, salah satu negara di Benua Afrika yang paling menderita kekurangan infrastruktur. Bahkan di negara tersebut sering terjadi konflik bersenjata yang membuat keamanan masyarakatnya menjadi kurang terjamin. Ini sungguh aneh, karena sebenarnya Chad adalah negara yang kaya akan emas dan uranium.

Tiga negara ini memang kondisinya paling tidak stabil di kawasan Timur Tengah dan Afrika. Bahkan bukan hanya Chad, tapi tiga besar negara paling tidak stabil menurut Fund for Peace juga ditempati oleh negara-negara di Benua Afrika. Di posisi pertama ada Sudan Selatan yang baru pecah dari Sudan pada tahun 2011 lalu. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.