Sukses

Buku Tahunan Sekolah Buat Gadis Remaja Ini Jadi Milyader

Hasil pemikiran Catherine Cook dan Dave ini melahirkan sebuah website layanan sosial yang dinamakan myYearbook.com.

Citizen6 Kesuksesan seseorang dapat diraih dengan berbagai macam cara. Tentu saja tidak sama persis dengan orang lain, walaupun akhirnya sama-sama sukses.

Kesuksesan paling menyenangkan adalah kesuksesan yang dijalani sesuai hobi atau minat. Hal yang membuat diri sendiri tertarik sehingga dapat dikerjakan dengan senang hati. Seperti yang dilakukan oleh kakak beradik ini, seperti yang di tulis blog keren hari ini.

Catherine Cook (15) dan kakak laki-lakinya Dave (17), kala itu sedang melihat-lihat buku kenangan sekolah agar mereka dapat mengenal lebih dekat teman-teman mereka. Akhirnya, bukan hanya mengenal lebih dekat teman mereka, tapi malah membuat mereka memiliki ide untuk membuka layanan online yang interaktif dan gratis.

Hasil pemikiran kakak beradik ini melahirkan sebuah website layanan sosial yang dinamakan myYearbook.com. Kemudian, Catherine dan Dave mengajak kakak laki-laki tertua mereka, Geoff, untuk turut serta dalam pembuatan website tersebut.

Sebelumnya, Geoff telah meluncurkan dua buah website, yaitu EssayEdge.com dan ResumeEdge.com, yang keduanya telah memberikan ribuan dolar per bulan untuk Geoff. Kini, dua website tersebut dijual ke Thomson Corporation.

Geoff kemudian menanamkan modal di myYearbook.com sebesar 250.000 USD dan menjadi CEO di website tersebut.

Kemajuan situs Catherine ini berjalan dengan baik, hingga pada suatu ketika banyak investor menginginkan agar kantor myYearbook.com bertempat di New York. Mereka juga mengingingkan agar di setiap halaman situs terdapat iklan yang sewaktu-waktu dapat di klik oleh pengguna.

Tentu saja Catherine menolaknya. Ia tetap mempertahankan tujuan awal dari pembuatan situs tersebut. Akhirnya keteguhan Catherine berbuah manis, di tahun 2006 myYearbook.com berhasil menyentuh angka USD 4,1 juta berdasarkan U.S Venture Partners dan First Round Capital.

Di tahun yang sama Nielsen Netratings memberikan peringkat pada myYearbook.com sebagai salah satu situs dengan traffic yang sibuk. juga mendatangani kontrak dengan Cliffnotes untuk mulai menyediakan petunjuk pengajaran yang bersifat gratis untuk setiap anggotanya.

Walau banyak pesaing besar seperti Facebook dan MySpace, myYearbook.com tetap menjadi situs dengan jumlah pengunjung yang tinggi. Salah satu kunci kesuksesan Catherine adalah "selalu mendengarkan masukan dari pengguna."

Menurutnya, masukan dari pengguna itu penting untuk menunjang situs tersebut. Agar pengguna merasa nyaman dan mudah mengaplikasikan.

Pada tahun 2011, situs myYearbook dibeli oleh jejaring sosial Latino Quepasa seharga USD 100 juta, dalam bentuk tunai maupun saham. Lalu di tahun 2012 myYearbook berganti nama menjadi MeetMe.

Walau telah dijual ke Latino Quepasa, Catherine dan saudaranya tetap menjadi CEO di perusahaan tersebut dan kini kekayaannya mencapai jutaan dolar, berkat situs jejaringnya tersebut.

Itulah kisah kesuksesan seorang remaja, yang berawal dari pemikiran tak sengaja tentang buku tahunan dan kini ia telah sukses menjadi milyuner. (ul)

Pengirim:

Melati Oktaviani

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.