Sukses

Dianiaya Polisi, Netizen Galang Dukungan Tolong Pria Tua Ini

Citizen6, Jakarta Zaman sekarang ini, internet dapat menjadi motor penggerak aksi kemanusiaan. Banyak kisah orang-orang mendapat pertolongan karena kekuatan internet. Salah satunya kisah di bawah ini.

Ashutosh Tripathi, fotografer dari Dainik Bhaskar, berbagi cerita tentang polisi arogan yang ia temui. Sabtu (19/5) waktu setempat, seorang polisi menertibkan pedagang kaki lima (pkl) di depan Kantor Pos Lucknow, India. Sayang, caranya menertibkan pkl jauh dari sopan.

Inspektur Pradeep Kumar, tampak mengusir pkl dengan memanfaatkan posisi yang ia miliki. Salah satu yang menjadi korban adalah pria berusia 65 tahun, Kishan Kumar.

 

10 घंटे की कड़ी मेहनत के बाद रोज 50 रूपए कमाने वाले कृष्ण कुमार को इस बात का अंदाजा भी न था, कि उनका 4 हजार रूपए का पुरान...

Posted by Ashutosh Tripathi on Saturday, September 19, 2015

 

Kishan telah bekerja sebagai tukang ketik di area tersebut selama 35 tahun. Dalam sehari, ia hanya bisa mengumpulkan 50 rupee. Kishan tak dapat berbuat apa-apa saat sang inspektur membuang mesin tiknya ke jalan.

Meski telah memohon, Inspektur Pradeep tak peduli. Bahkan menendang benda-benda lain di tempat Kishan biasa menawarkan jasanya. Sang inspektur juga tak berhenti meski wartawan berkumpul di tempat tersebut untuk mendokumentasikan kejadian tersebut.

buzzfeed

Dilansir dari Buzzfeed, Senin (21/09/2015), foto-foto kearoganan polisi tersebut segera menjadi viral di sosial media. Foto-foto tersebut telah dibagikan lebih dari 40.000 kali. Tak hanya itu, foto tersebut juga tersebar di Twitter. Netizen pun beramai-ramai membicarakan Kishan dan berniat membantunya.

Tak berhenti sampai di situ, gerakan dukungan bermunculan untuk menolong Kishan. Ada yang membuat petisi untuk memberikan sang tukang petik pekerjaan maupun donasi.

 

Kisah tersebut sampai ke telinga Kepala Menteri Pradesh Uttar yang berjanji menindak polisi arogan, serta memberikan mesin tik baru untuk Kishan.

Hanya enam jam sejak kisah tersebut diunggah di internet, Kisah telah mendapatkan mesin tik barunya. Kishan berterima kasih pada netizen yang telah membantu dan peduli padanya. (sul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6