Sukses

Lautan Sampah Terbesar di Dunia Berada di....

Lokasi ini menjadi "pusaran sampah" terbesar di lautan dari seluruh dunia

Citizen6, Jakarta Sampah menjadi persoalan kita bersama yang terus menerus ada. Dampak dari persoalan sampah terbentang mulai dari soal kebersihan hingga kesehatan dan ekonomi. Lokasi pembuangan sampah, tidak hanya di darat tapi juga di laut. Diperkiraan 8 juta ton sampah dialirkan ke laut setiap tahun berdasarkan penelitian para ilmuwan yang dirilis di Journal Science.

Great Pacific Garbage Patch disebut menjadi wilayah dengan kandungan sampah dan limbah terbesar di dunia. Berada di tengah Samudera Pasifik Utara, tepatnya berada di dekat Jepang untuk Garbage Patch Barat dan diantara California-Hawaii untuk Garbage Patch Timur. Great Pacific Garbage Patch menjadi lokasi pusaran sampah di lautan terbesar di dunia.

Lokasi Great Pacific Garbage Patch

Banyaknya sampah yang terperangkap dalam aliran yang memutar searah jarum jam tersebut sebagian besar berasal dari wilayah Amerika dan benua Asia. Sebagian besar sampah merupakan limbah plastik yang tidak bisa terurai hanya berbentuk semakin kecil dan semakin kecil lalu menggumpal seperti awan mendung di bawah laut bercampur dengan sampah-sampah besar mulai dari monitor komputer, sepatu dan bangkai.

sampah mikroplastik

Banyaknya kandungan sampah yang terperangkap membahayakan ekosistem laut disana, banyak hewan mati atau terinfeksi oleh sampah dan limbah lautan disana. Dari area dengan arus memutar searah jarum jam seluas 20 juta kilometer persegi itu, setiap 1 kilometer persegi mengandung 750.000 bit mikroplastik yang tidak bisa terurai. Fakta tersebut sungguh mengerikan, dimana kini ditemukan beberapa lokasi pusaran sampah di lautan lainnya yang tentu saja membahayakan. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan merawat alam ini bukan? (rn)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini