Sukses

Tips Sehat dan Bugar Selama dalam Perjalanan Mudik

Mudik sudah pasti menguras tenaga. Beberapa tips berikut dapat dilakukan agar tetap bugar selama mudik

Citizen6, Jakarta Berada di dalam pesawat, kereta, bus ataupun mobil dalam waktu panjang (lebih dari 5 jam) bisa bikin resiko jadi gak waras. Gila aja waktu selama itu dihabiskan dengan posisi duduk yang hampir sama yang bikin pegel fisik dan rohani.

Namun, apa daya perjalanan panjang terkadang tidak bisa dielakkan contohnya ketika mudik atau bepergian ke daerah yang jauh. Tetapi untungnya ada beberapa cara dan hal yang dapat dipersiapkan untuk mengantisipasi perjalanan panjang agar dapat sampai ketujuan sehat bugar jiwa dan raga. Berikut tipsnya :

1. Istirahat cukup sebelum perjalanan

Banyak yang mungkin berpikir "Ah, nanti di bus/mobil/kereta/pesawat bisa tidur kok" lalu memutuskan malam sebelum keberangkatan bergadang atau tidak memenuhi waktu minimum tidur yang dianjurkan yakni 8 jam.

Dulu saya juga punya konsep begitu, dan memang benar ketika di jalan bisa tidur, itu karena kondisi tubuh telah kelelahan karena asupan istirahat kurang. Ujung ujungnya makin saya tidur, badan terasa makin encok dan tidak fit. Syukur syukur tidak sampai jatuh sakit. Oleh karena itu, usahakan tetap tidur cukup dan menjaga kondisi badan sebelum perjalanan.

2. Minum banyak air putih

Dalam perjalanan, resiko dehidrasi sangatlah rentan. Mungkin saja kita tak merasa tubuh kekurangan cairan namun nyatanya, tubuh perlu asupan air secara teratur untuk tetap segar. Kalau saya biasanya hanya malas minum air takut sering sering pipis dan yang ada cuma toilet umum yang tidak bersih.

Untuk mengantisipasinya, saya minum banyak banyak sebelum jalan dan bolak balik toilet sebelum itu. Ngefek gak yah? hihih Jangan lupa bawa juga botol air minum dan air minum sendiri agar tidak perlu membeli di jalan. Lumayan buat penghematan juga!

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini