Sukses

Mudik Lewat Jalur Selatan? Sambangi 9 Destinasi Wisata Ini

Sembilan destinasi wisata ini patut dikunjungi jika Anda mudik lewat jalur selatan

Citizen6, Jakarta Lebaran tinggal menghitung hari, orang-orang mulai bersiap-siap untuk pulang kampung. Pada umumnya mereka yang mudik ke arah timur Pulau Jawa memanfaatkan rute Pantai Utara atau Pantura. Namun sebagai alternatif untuk menghindari macet Jalur Lintas Selatan juga bisa digunakan untuk mudik. Malah banyak destinasi wisata yang bisa disinggahi sepanjang perjalanan.

Jalur Lintas Selatan terbilang relatif sepi dibanding dengan Pantura. Maka dari itu jalur ini bisa menjadi alternatif untuk mudik biar lebih lancar dan nyaman saat menempuh perjalanan panjang. Selain itu, dengan lewat jalur selatan, pemudik akan menjumpai banyak destinasi wisata, mulai dari wisata alam hingga modern. Berikut 9 destinasi wisata yang bisa disinggahi selama mudik.

1. Candi Cangkuang, Garut, Jawa Barat

Masih di Provinsi Jawa Barat, saat melintasi Garut cobalah beristirahat sejenak dengan mampir ke Candi Cangkuang. Ini adalah satu-satunya candi Hindu yang ada di tanah Sunda dan terletak di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Desa Cangkuang sendiri dikepung oleh empat gunung besar yang masing-masing bernama Gunung Haruman, Gunung Kaledong, Gunung Mandalawangi dan Gunung Guntur.

Untuk menuju situs Cangkuang traveler harus menaiki rakit sebab candi ini berada di daratan yang ada di tengah danau. Candi yang berasal dari abad ke-8 ini ditemukan pada tahun 1966. Pada awal penemuannya kondisi candi dan situs-situs bersejarah di sana dalam keadaan yang rusak dimakan waktu. Apa yang Anda lihat sekarang adalah hasil pemugaran yang diresmikan tahun 1978. Sangat sayang jika sudah di Garut tapi tidak mampir ke sini.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.