Sukses

STIE Yasa Anggana Berdayakan Ekonomi Mikro di Garut

Citizen6, Garut Sebanyak 228 Mahasiwa STIE Yasa Anggana, Kabupaten Garut, Jawa Barat melakukan  pengabdian atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2014/2015, mulai 23 Mei hingga Juni ini. Kedatangan ratusan mahasiswa KKN tersebut disambut respon baik oleh Camat Salawu, para Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

Asyiknya, penanggunng jawab yang juga selaku PK III STIE Yasa Anggana Dadang Syafarudin, SE, M.Pd, turut meninjau langsung kegiatan  tersebut. Jauh-jauh pergi ke Kecamatan Salawu, peserta KKN ini pun tidak pergi dengan tangan hampa. Mereka mempersiapkan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam tema program pengembangan ekonomi mikro.

“Sebanyak 228 mahasiswa di tempatkan fokus di Kecamatan Salawu yang tersebar di 10 desa yakni Tenjowaringin, Tanjungsari, Kutawaringin, Neglasari, Salawu, Jahiang, Sundawenang, Sukarasa, Karangmukti dan Margalaksana,” ungkap Ketua Pelaksana KKN PPM STIE Yasa Anggana, DR. Asep Supriyatna, MM, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (16/6).

Menurutnya, tujuan pelaksanaan KKN ini untuk melakukan proses pembelajaran pemberdayaan ekonomi kerakyatan kepada pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) berbasis potensi lokal.

“Sehingga masyarakat mampu memiliki kompetensi kelembagaan, produksi, keuangan, akutansi serta kompetensi pemasaran yang berdaya saing menghadapi masyarakat Ekonomi ASEAN,” paparnya.

DR. Asep mengaku, peserta KKN sengaja ditempatkan di Kecamatan Salawu karena selama ini wilayah tersebut memiliki potensi ekonomi mikro namun belum banyak tersentuh dalam pemberdayaannya. “Kehadiran peserta KKN ini bisa menjadi penggerak dan diharapkan memberikan motivator bagi generasi muda di desanya,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Dadang Syafarudin, M.Pd selaku Penanggung jawab berpesan kepada seluruh  mahasiswa untuk dapat mengabdikan diri ditengah masyarakat.

“Kegiatan KKN ini sebagai media pembelajaran dan pemberdayaan bagi masyarakat. Mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapat dan mudah-mudahan dapat dirasakan manfaatnya khusunya bagi pelaku ekonomi,” tandasnya.

Dadang lebih lanjut  mengatakan bahwa STIE Yasa Anggana sudah banyak mencetak lulusan sarjana yang diterima diberbagai institusi dan sudah banyak memberikan kontribusi riil bagi masyarakat Garut.

“Mereka tersebar di TNI, Polri, Departemen Agama, Instansi pemerintahan dan yang paling menonjol di dunia perbankan. Hal itu selaras dengan visi misi yang diusung yakni STIE Yasa Anggana menjadi sekolah unggulan di Jawa Barat,” pungkasnya.

Penulis:

Encep Abu Syamil

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini