Sukses

Tuntutan Pertama dalam Sejarah Hari Buruh

Kini tuntutan kenaikan upah menjadi semacam keniscayaan bagi buruh, namun apakah tuntutan mereka pertama kali?

Citizen6, Jakarta Tuntutan kenaikan gaji menjadi salah satu tuntutan yang terus terdengar setiap tahunnya. Tuntutan tersebut tentu hanyalah salah satu tuntutan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan. Akar sejarah Hari Buruh nampaknya dimulai pada tahun 1806 dimana terjadi pemogokan pekerja di Amerika Serikat untuk pertama kalinya.

Aksi mogok yang dilakukan oleh para pekerja Cordwainers, sebuah pabrik sepatu itu akhirnya di bawa ke pengadilan untuk diproses hukum. Dalam pengadilan akhirnya terungkap bahwa para pekerja dituntut untuk bekerja 19-20 jam dalam sehari. Itu artinya hampir 85% waktu mereka dalam sehari digunakan untuk bekerja!.

Mereka akhirnya memiliki agenda perjuangan bersama, menuntut pengurangan jam kerja. Selain dari itu juga menuntut pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pengangguran dan dan uang lembur bagi para pekerja.

Tuntutan tersebut terus berkembang hingga pada akhirnya mereka berparade dengan membawa spanduk bertuliskan : 8 jam bekerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam rekreasi. Apakah kini tuntutan tersebut telah terpenuhi?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.