Sukses

Melihat Api Bekerja, Membingkai Emosi dalam Kata

Melihat Api Bekerja, buku kumpulan puisi karya M. Aan Mansyur ini membawa kita pada cerita yang menyala-nyala

Liputan6.com, Jakarta "Kejahatan ada dimana-mana. Di kota-kota atau di kata-kata, atau pada segala sesuatu yang kausebut kita.

Dalam bentuknya yang paling sempurna, dia bernama kebahagiaan"

 

Dalam buku ini kita diajak untuk mengenali wajah lain dari kebahagiaan, hal yang selalu kita cari-cari dan impi-impi dimana kesedihan sebagai hal yang terus kita hindari. Emosi yang bercerita dalam setiap untai kata ini membawa kita pada pencarian kebahagiaan yang justru menjadikan kita tidak pernah behagia, sama sekali. Namun sebaliknya, kesedihan lah yang membantu kita untuk mengenal siapa diri kita dan mengenal kekuatan yang kita miliki.

Melewati batas waktu dimana kita tidak akan menemukan satupun tanggal tercantum dalam kumpulan puisi ini, kita diajak untuk melihat bentuk realitas yang kini ada: kepura-puraan. Dimana kita selalu memamerkan senyum dan tawa yang suram, karena kita kesepian atau kesunyian. Buku ini mengajak kita berkelana, mempertanyakan dibalik pembangunan gedung, jalan dan pusat perbelanjaan dengan internet dimana-mana, apakah kita menemukan kebahagiaan?

 Melihat Api Bekerja, buku kumpulan puisi karya M. Aan Mansyur ini membawa kita pada cerita yang menyala-nyala

Puisi Aan Mansyur seperti bercerita, cerita yang berlapis-lapis dari setiap kata dan jalinan bait-ke-bait. Banyak cerita yang bisa kita temukandan kita tangkap dari mulai kemacetan hingga konflik di Ambon. Dalam pengantarnya, Sapardi Djoko Damono menuliskan "...kemampuan si penyair mempertahankan suasana yang menjadikan sajak ini suatu benda seni yang utuh dan kokoh dalam menyarankan makna. Dalam pencapaian serupa itu, Aan adalah salah seorang dari dua atau tiga penyair kita yang berhasil memaksa kita dengan cermat mendengarkan penghayatan demi penghayatan atas keindahan dongengnya". 

Buku ini bukan hanya memanjakan kita dengan kata-kata tetapi juga ilustrasi yang luar biasa. Kolaborasi yang disajikan M. Aan Mansyur dan Muhamad Taufiq (Emte) tentu saja layak dinikmati tidak melulu jika hujan turun atau malam yang mulai merambat. Buku ini baik dijadikan teman mengopi dan minum teh di sore hari. Selamat membaca.

Tentang Buku:

Judul : Melihat Api Bekerja

Penulis : M. Aan Mansyur

Ilustrator dan Desain : Emte

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 160 hlm

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini