Sukses

5 Manfaat Donor Darah

Citizen6, Jakarta Meski imbauan untuk mendonorkan darah kerap digaungkan pemerintah, kenyataannya masih banyak dari kita yang takut untuk mendonorkan darah. Beberapa alasan dikemukakan, seperti: takut jarum suntik, takut lemas, dan rasa takut lainnya. Padahal, donor darah memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut lima di antaranya.

1. Produksi sel darah merah dalam tubuh akan meningkat

Mungkin banyak yang mengira dengan mendonorkan darah, berarti pasokan darah mereka berkurang. Hal ini sama sekali tidak tepat. Donor darah justru akan membantu Anda meningkatkan produksi sel darah yang terdapat di dalam tubuh. Mendonorkan darah ibarat mengisi ulang baterai ponsel. Saat darah Anda didonorkan, tubuh akan memproduksi sel darah baru. Hal ini tentunya membuat Anda merasa lebih sehat dan bugar.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Jantung lebih sehat
 
Kadar zat besi dalam darah yang terlalu tinggi ternyata dapat membuat seseorang rentan terhadap penyakit jantung. Mengapa? Sebab zat besi yang berlebihan di dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolestrol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dindind arteri. Hal sama saja dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Dengan mendonorkan darah, kadar zat besi dalam darah akan lebih terkontrol. Jantung Anda pun akan lebih sehat.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Psikologis yang sehat

Sebuah penelitian menemukan, seseorang berusia lanjut yang rutin mendonorkan darah sejak masih berusia muda akan lebih berenergi dan bugar. Pikiran pun akan lebih stabil karena perasaan bahagia yang timbul setelah menolong orang. Secara tidak langsung, psikologis Anda pun lebih sehat.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Mendeteksi penyakit serius

Prosedur standar sebelum mendonorkan darah adalah Anda akan diperiksa dari berbagai macam penyakit, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Jika sebelumnya Anda tak mengetahui riwayat penyakit yang Anda derita, saat Anda mendonorkan darah, Anda akan mengetahui hal tersebut. Dan ternyata bila Anda mengidap suatu penyakit, Anda dapat lebih perhatian terhadap kesehatan tubuh Anda.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Membantu penurunan berat tubuh


Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang banyak untuk membuat pinggang ramping.

Jadi, sudahkah Anda mendonorkan darah Anda bulan ini?

***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini