Sukses

10 Kondisi Medis yang Sangat Memprihatinkan

Ternyata ada beberapa orang yang mempunyai kelainan yang tak pernah terbayakngkan oleh kita semua.

Citizen6, Jakarta Terlahir dengan kondisi tubuh yang lengkap,  sehat dan bugar tak kurang suatu apa adalah anugerah. Namun kadang-kadang kita suka lupa bagaimana mensyukurinya dengan menjaga dan merawatnya agar tak terkena penyakit atau virus yang membahayakan.

Beberapa orang tak seberuntung kita. Mereka terlahir dengan kondisi yang unik, mempunyai kelainan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Misalnya dengan kondisi panca indera yang tidak lengkap atau bahkan lebih parah dari itu.

Dengan kondisi medis yang tidak biasa itu kadang mereka lebih bisa memperlihatkan kepada kita semua tentang kegigihan dan keuletannya dalam menghadapi kehidupan. Sifat yang kadang tidak dipunyai oleh orang-orang yang tidak menderita kelainan atau kondisi medis yang unik itu.

Karena itu ilmu pengetahuan modern bekerja keras untuk membantu memecahkan masalah atau gangguan yang menimpa mereka. Sehingga mereka bisa lebih nyaman hidupnya.

Berikut beberapa bentuk kelainan atau kondisi medis mengerikan yang pernah ada:


1. Cutaneous horns – pertumbuhan kulit pra kanker yang menyerupai tanduk. Kemungkinan "tanduk" ini akan terus tumbuh memanjang ketika tidak memperoleh pengobatan yang tepat.

2. Hipertrikosis alias "Werewolf Syndrome" - istilah medis yang mengacu pada rambut tubuh yang sangat berlebihan.

3. Noma - sebuah kelainan yang parah pada gigi dan mulut gangren menodai parah mulut dan wajah yang dimulai sebagai ulkus gingiva dan menyebar dengan cepat melalui jaringan.

4. Macrodactyly - kelainan yang didefinisikan sebagai jari atau kaki yang secara tidak normal tumbuh sangat besar karena pertumbuhan berlebih dari underlyingbone dan jaringan lunak.

5. Polyostotic Fibrous Displasia - sebuah gangguan langka yang dimana beberapa daerah tulang mengalami pergantian oleh jaringan fibrosa. Hal ini dapat menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk kaki, lengan, dan tengkorak.

6. Progeria - kondisi genetik langka yang menghasilkan penuaan dini cepat pada anak-anak.

7. Epidermodysplasia Verruciformis  - gangguan genetik yang berhubungan dengan risiko tinggi kanker kulit yang sangat langka. Orang-orang yang menderita kelainan genetik ini mempunyai kulit menyerupai akar pohon.

8. Polymelia - kelainan tumbuhnya anggota badan yang me melekat pada berbagai daerah tubuh. Contoh pada gambar adalah jari-jari kaki yang tumbuh banyak

9. Diprosopus - cacat bawaan juga dikenal sebagai duplikasi kraniofasial. Dalam kasus yang paling ekstrim, seluruh wajah diduplikasi. Diprosopus adalah bahasa Yunani untuk bermuka dua.

10.  Neurofibromatosis - kondisi genetik yang menyebabkan pertumbuhan tidak terkendali di sepanjang saraf.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.