Sukses

[Arti Pemilu] Hak Rakyat Pilih Pemimpinnya

Waktu menuju pemilihan umum (Pemilu) tinggal menghitung hari. Untuk warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun, tentu sudah bisa memilih.

Citizen6, Depok Bulan April sebentar lagi. Waktu menuju pemilihan umum (Pemilu) pun tinggal menghitung hari. Untuk warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun, tentunya sudah bisa mengikuti pemilihan umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali ini.

Berbicara mengenai Pemilu tentunya berkaitan dengan dunia politik. Bagi saya Pemilu merupakan hak pilih yang diberikan oleh negara kita, karena Indonesia negara yang demokratis dan menganut dasar negara yaitu Pancasila. Pemilu merupakan usaha untuk mempengaruhi rakyat secara tidak memaksa dalam memilih orang-orang untuk mengisi jabatan politik tertentu.

Pemilu juga salah satu cara untuk menunjukkan aspirasi rakyat dan penggunaan HAM nya. Saat pemilu rakyat menggunakan HAK nya untuk memilih dengan landasan keinginan hati dan asas Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) serta Jujur dan Adil ( JURDIL).

Selain itu pemilu juga berguna untuk mengetahui keinginan rakyat terhadap sosok pemimpin yang diinginkan rakyat. Jadi pemilu itu sangat penting, karena untuk mengetahui apa yang rakyat inginkan untuk membawa negara lebih maju dan makmur. (mar)

Penulis
Avinda Utami
Depok, avindautxxx@gmail.com
Twitter: @VindaUtami_

Baca juga:
[Arti Pemilu] Pemimpin Baru, Harapan (baru) Rakyat

[Arti Pemilu] Bangga, Bisa Bebas Menentukan Pilihan

[Arti Pemilu] Pesta yang Seharusnya Dinikmati Seluruh Rakyat


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini