Sukses

Tingkatkan Keterampilan Digital, Diskominfotik Provinsi Gorontalo Adakan Recak Digital

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo menyelenggarakan program pembinaan Remaja Cakap Digital (Recak Digital) di Sekolah Menengah Negeri (SMPN) 7 Kota Gorontalo.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo menyelenggarakan program pembinaan Remaja Cakap Digital (Recak Digital) di Sekolah Menengah Negeri (SMPN) 7 Kota Gorontalo.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik, Zakiya Baserewan di Gorontalo, mengatakan SMPN 7 merupakan lokasi pertama Diskominfotik menggelar Recak Digital untuk tingkat sekolah menengah.

"Kami bersyukur Recak Digital diminati tidak hanya di tingkat sekolah menengah dan kejuruan, tetapi juga di tingkat sekolah menengah pertama yang juga mulai menunjukkan minat untuk menerima materi ilmu literasi digital," kata Zakiya dilansir Antara.

Ia mengaku akan lebih banyak menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, tidak hanya di bidang pendidikan tetapi juga dengan masyarakat.

Kegiatan Recak Digital di SMPN 7 Kota Gorontalo diisi dengan laporan dokumenter yang mencakup empat dasar literasi digital yaitu etika digital, keterampilan digital, keterampilan digital dan keamanan digital.

Kepala SMPN 7 Kota Gorontalo, Suharti Dama mengucapkan terima kasih kepada Diskominfotik yang mampu menerapkan program ini di sekolah yang dipimpinnya.

"Kami berharap melalui kegiatan ini siswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk memanfaatkan teknologi digital dengan tepat," ujar Suharti.

"Para siswa remaja merupakan kelompok rentan terhadap dampak negatif dunia digital yang harus mendapatkan manfaat dari ketentuan program ketahanan digital. Siswa diharapkan lebih bijak dalam menyebarkan informasi dan konten, terutama informasi dan konten yang mengandung unsur kekerasan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.