Sukses

Ragam Hoaks Pembagian Mobil di Media Sosial, Jangan Mudah Terkecoh

Hoaks pembagian hadiah mobil kerap mencatut nama brand otomotif terkemuka. Para pembuat hoaks ini sengaja membuatnya agar masyarakat tergiur dan terkecoh.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks pembagian hadiah mobil kerap mencatut nama brand otomotif terkemuka. Para pembuat hoaks ini sengaja membuatnya agar masyarakat tergiur dan terkecoh.

Lalu apa saja hoaks pembagian mobil di media sosial? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Toyota Bagikan Mobil Tacoma Hanya Dengan Tebak Nomor di Facebook

Beredar kembali postingan Toyota membagikan mobil Tacoma hanya dengan menebak nomor di Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Dayak Bagi Bagi Rezeki mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 September 2023.

Berikut isi postingannya:

"Sejauh ini belum ada yang menemukan nomor selain nomor 609, belum ada pemenang Toyota Tacoma 2023. Masih ada 2 kemenangan lagi."

Lalu benarkah postingan Toyota membagikan mobil Tacoma hanya dengan menebak nomor di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Klaim Pembagian Honda Civic Hanya Dengan Tebak Nomor di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada pembagian mobil Honda Civic hanya dengan menebak angka di Facebook. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama Toyota Fortuner Club ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Hingga Julii ini belum ada yang menemukan nomor selain 703, belum ada pemenang Honda Civic Hatchback 2023. Masih ada 2 kemenangan lagi."

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 725 likes dan 5,2 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian mobil Honda Civic hanya dengan menebak angka di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Waspada Hoaks Pembagian Mobil Hyundai dengan Cara Tebak Angka di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Hyundai membagikan mobil hanya dengan menemukan angka di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun bernama Mitsubuishi pajero club mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 September 2023.

Berikut isi postingannya:

"Sejauh ini belum ada yang menemukan angka selain 9, dan belum ada pemenang baru untuk Hyundai 2023. Masih ada 1 nomor lagi yang harus dimenangkan."

Sejauh ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 149 ribu kali, mendapat 960 komentar dan 737 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Hyundai membagikan mobil hanya dengan menemukan angka di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.