Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Raja Salman Wariskan Hartanya ke Putri Ariani

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Juni 2023.

Unggahan klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani berupa tautan akun video berjudul "Mengejutkan.! Detik² Raja Salman Mewariskan Hartanya Kepada Putri Ariani (Masya Allah)."

Video tersebut menampilkan Raja Salman sedang memberikan pidato kemudian dilanjutkan dengan potongan gambar pertemuan Raja Salman bersama Putri Ariani peraih golden buzzer America’s Got Talent 2023, Putri terlihat mencium tangan Raja Salman diiringi dengan narasi suara yang menyebutkan Raja Salman menunjuk anak angkatnya Putri Aryani ahli waris.

Salman juga menunjuk putranya Mohamed Bin Salman sebagai sebagai Raja Sudi dan sebagai ahli waris pertama Kerajaan Saudi. Serta menjadikan Ahmed Salman sebagai Putra Mahkota Saudi dan Putri Ariani sebagai Wakil Putri Mahkota Saudi.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"SubhamAllah, Raja Salman, mengangkat Putri Ariani sebagai Ahli waris Kedua setelah Putra Mahkota"

Benarkah klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani', hasilnya tidak ditemukan artikel media yang dimuat situs berita kredibel.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar cuplikan gambar Putri Ariani sedang mencium tangan Raja Salman, penelusuran dilakukan dengan menggunakan Google Image.

 

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "شاهد بالفيديو والصور : وزير الطاقة الأمير "عبد العزيز بن سلمان" يؤدي القسم أمام الملك" al-marsd.com, artikel dalam laman Al-marsd.com menampilakan sejumlah foto dan video salah satunya yang identik dengan klaim.

 Foto tersebut tidak menampilkan wajah Putri Ariani tetapi sosok lelaki.

 

 

<p>Penelusuran klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani</p>

Artikel situs Al-marsd.com menyebutkan foto tersebut merupakan salah satu rangkaian pengambilan sumpah pelantikkan menteri energi dihadapan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

 

Sumber:

https://al-marsd.com/article/63482/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani tidak benar.

Tidak ditemukan informasi dari sumber yang kredibel tentang Raja Salman mewariskan hartanya ke Putri Ariani, cuplikan video tersebut pun hasil editan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini