Sukses

Cek Fakta: Video Cristiano Ronaldo Komentari Laga Timnas Indonesia Vs Argentina Hanya Parodi, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo berkomentar jelang laga Timnas Indonesia melawan Argentina. Postingan itu beredar sejak akhir pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 30 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul, "Ronaldo Reaction Indonesia Vs Argentina"

Video itu berisi rekaman Cristiano Ronaldo berbicara di jumpa pers sedang mengingatkan Lionel Messi agar tidak meremehkan Indonesia. Ia juga menyebut laga akan berjalan ketat karena Indonesia akan diperkuat beberapa pemain naturalisasi.

Ia juga mengingatkan Messi agar berselebrasi seperti dirinya saat mencetak gol melawan Timnas Indonesia. Akun tersebut menambahkan narasi:

"Pesan bang CR untuk Messi dan Argentina"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo berkomentar jelang laga Timnas Indonesia melawan Argentina?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan Yandex. Hasilnya ada video yang identik dengan postingan, salah satunya yang diunggah akun BeanymanSports di Youtube.

Video tersebut berjudul "Cristiano Ronaldo FULL pre-match press conference | Portugal v Ghana | Qatar 2022 World Cup" yang diunggah pada 21 November 2022.

<p>Cek Fakta Reaksi Ronaldo</p>

Kesamaan video terdapat pada ucapan yang disampaikan Ronaldo tepatnya pada menit 5:07. Selain itu juga terdapat kesamaan pada latar yang digunakan dalam jumpa pers dan pakaian yang digunakan Ronaldo.

Dalam video asli Ronaldo berbicara terkait dirinya dan peluang Portugal jelang Piala Dunia 2022. Ronaldo sama sekali tidak berbicara terkait Argentina, Lionel Messi, maupun Timnas Indonesia.

Anda bisa saksikan video selengkapnya di link berikut ini...

Argentina sendiri dijadwalkan akan beruji coba melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023 mendatang di GBK. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam jumpa pers yang digelar Rabu, 24 Mei 2023.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=R_lL0Kwc0Sc

https://www.liputan6.com/regional/read/5302130/indonesia-vs-argentina-messi-dipastikan-ikut-tur

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video Cristiano Ronaldo berkomentar jelang laga Timnas Indonesia melawan Argentina adalah tidak benar. Hoaks ini masuk kategori parodi namun bisa menimbulkan kesalahpahaman jika tidak diluruskan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.