Sukses

Cek Fakta: Postingan Video Lionel Messi Berikan Motivasi Jelang Lawan Timnas Indonesia Hanya Parodi, Simak Faktanya

Beredar di media sosial postingan video Lionel Messi sedang memberikan motivasi di ruang ganti jelang melawan timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Lionel Messi sedang memberikan motivasi di ruang ganti jelang melawan timnas Indonesia. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 23 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 45 detik berisi pesan Messi pada rekan timnya di ruang ganti. Video itu disertai teks berikut ini:

"Pertandingan melawan Indonesia nanti sangatlah penting. Bisa melawan salah satu negara terkuat di Asia Tenggara ini adalah kesempatan yang sangat langka.

Juara Piala Dunia di Qatar kemarin hanyalah batu loncotan untuk kita bisa ketahap ini melawan tim kuat seperti Indonesia. Saya yakin kita bisa memenangkan pertandingan tanggal 19 Juni nanti, masyarakat Argentina akan sangat bangga Kepada kalian.

Karena bisa menang melawan Indonesia adalah mimpi semua negara di Dunia. Semua trofi dan semua gelar yang kita dapat tidak lah berarti jika belum menang melawan Indonesia."

Lalu benarkah postingan video Lionel Messi sedang memberikan motivasi di ruang ganti jelang melawan timnas Indonesia?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video asli yang diunggah pada akun Netflix Latinoamerica pada 3 November lalu di Youtube. Video itu diberi judul "La arenga de Messi | Sean eternos: Campeones de América'

Selain itu dalam unggahan itu disertai keterangan:

"Serial ini menggambarkan sesuatu yang intim dan belum pernah ada sebelumnya saat Lionel Messi dan Timnas Argentina berjuang di Copa America untuk memecahkan kebuntuan gelar selama 28 tahun."

Kesamaan terdapat pada seragam yang dipakai dan juga gerakan yang dilakukan Messi. Simak video selengkapnya di link berikut ini...

Argentina sendiri dijadwalkan akan beruji coba melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023 mendatang di GBK. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam jumpa pers yang digelar Rabu, 24 Mei 2023.

"(Soal) venue (FIFA Matchday) Maunya di mana? Ya sudah dijawab (di SUGBK)," tutur Erick.

"Ini kan mereka mau kunjungi Gelora Bung Karno, sudah dilihat, qualified gak? (tanya Erick kepada AFA). Katanya qualified, perfecto."

"Jadi mainnya di sini. Ini langsung dikunjungi, (mereka) melihat tadi. Jangan sampai GBK tidak didatangi tim-tim besar ke depannya," ucap sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=R88m9wsJQgg

https://www.liputan6.com/bola/read/5296668/erick-thohir-fifa-matchday-indonesia-vs-argentina-di-sugbk-afa-sudah-beri-lampu-hijau

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video Lionel Messi sedang memberikan motivasi di ruang ganti jelang melawan timnas Indonesia adalah hoaks berkategori parodi atau satir.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini