Sukses

Marak Pemberitaan Virgoun Selingkuh, Seberapa Besar Faktor Gen Berpengaruh?

Sepekan belakangan kabar terkait isu perselingkuhan yang dilakukan vokalis Last Child, Virgoun menjadi topik pembicaraan masyarakat di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan belakangan kabar terkait isu perselingkuhan yang dilakukan vokalis Last Child, Virgoun menjadi topik pembicaraan masyarakat di dunia maya. Tak sedikit yang bertanya apakah sebenarnya penyebab seseorang bisa selingkuh dari pasangannya.

Ternyata menurut penelitian, seperti yang ditulis oleh Weijing Lu tahun 2022 berjudul "Poetry, Intimacy, and Male Fidelity: The Marriage of Wang Caiwei and Sun Xingyan" serta penelitian berjudul "Associations between dopamine D4 receptor gene variation with both infidelity and sexual promiscuity" yang ditulis Garcia, J. R., MacKillop, J., Aller, E. L., Merriwether, A. M., Wilson, D. S. & Lum, J. K tahun 2010 di dalam DNA kita terdapat gen yang mengatur tentang potensi selingkuh dari pasangan.

Gen itu bernama DRD4 atau reseptor dopamin yang berperan dalam 'perilaku mencari sensasi'. Di dalam penelitian tersebut, seseorang yang berpotensi selingkuh punya varian gen DRD4 yang lebih panjang dari urutan DNA normal. Namun bukan berarti seseorang yang punya gen DRD4 pasti selingkuh.

Pasalnya, faktor genetik itu hanya 20 sampai 40 persen dalam menentukan potensi selingkuh. Sementara faktor non genetik memiliki peran lebih besar yakni mencapai 59-80 persen. Faktor itu antara lain, pergaulan, trauma, hingga faktor cerminan dari orang tua.

"Ilmuwan sepakat bahwa data saintifik yang menghubungkan faktor genetik dan non-genetik terkait selingkuh perlu dipelajari lebih jauh. Dr. Robert Weiss, Chief Clinical Officer of Seeking Integrity LLC mengatakan memiliki predisposisi genetik selingkuh bukan berarti pasti selingkuh. Faktor genetik memprediksi potensi namun manusianya memiliki pilihan," ujar Riza Arief Putranto, PhD, DEA, Peneliti Genomika Molekuler dan Dewan Penasehat Masyarakat Bioinformatika dan Biodiversitas Indonesia (MABBI).

"Di sisi lain, menurut penelitian kesetiaan juga dapat dipupuk yakni dengan mengusung sebuah konsep mutual atau kebersamaan," kata Riza yang juga edukator komunikasi sains melalui akun Instagramnya, @rizaputranto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Virgoun Buka Suara

Virgoun akhirnya telah buka suara terkait dengan masalah yang tengah ramai dibicarakan. Virgoun belakangan ini ramai disebut-sebut telah berselingkuh dari istrinya, Inara Idola Rusli.

Hal itu terungkap setelah Inara Idola Rusli menuangkan keresahannya itu ke media sosial. Karena masalah ini, banyak yang kemudian kecewa dengan Virgoun.

Namun tidak sedikit juga yang tetap memberikan pembelaan kepada Virgoun. Oleh karenanya, Virgoun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang tetap memberikan dukungan untuknya.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman yang masih percaya dan support sama-sama saya sampai detik ini di masa-masa sulit ini di masa-masa sulit untuk saya," kata Virgoun melalui sebuah video di YouTube-nya pada Jumat (28/4/2023).

Terlepas dari masalah yang sedang terjadi ini, Virgoun mengatakan bahwa dirinya ingin kembali berbakti kepada sang ibunda dan kakaknya yang selama ini telah mendidik dan membesarkannya.

"Saya mau bisa berbakti lagi kepada ibu dan kakak saya yang sudah berjuang membesarkan saya sampai saya bisa menjadi manusia seperti sekarang menjadi pribadi seperti sekarang menjadi pekerja keras seperti sekarang," ucapnya melanjutkan.

Lebih lanjut, Virgoun berharap dirinya masih memiliki kesempatan untuk mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik, serta memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat.

"Mereka yang menghidupi saya sampai saya bisa menjadi manusia seperti sekarang. Mudah-mudahan saya masih diberi kesempatan untuk memperbaiki semua kesalahan dan menjadi manusia yang lebih baik lagi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Virgoun tak menepis segala tudingan perselingkuhan oleh Inara dan sejumlah pihak yang diarahkan kepadanya. Pernyataan seputar isu perselingkuhan itu disampaikan oleh Virgoun melalui kanal YouTube miliknya.

Dalam video berdurasi 5 menit 19 detik itu, suami Inara Idola Rusli mengawali pernyataan dengan permintaan maaf serta pengakuan bersalah.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.