Sukses

Hoaks Seputar Ketua KPK, dari Dijabat Ahok sampai Suap Anies Baswedan

Cek Fakta Liputan6.com telah membuktikan sejumlah hoaks terkait jabatan ketua KPK

Liputan6.com, Jakarta- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menjadi jabatan strategis dalam penegakan kasus korupsi, posisi tersebut pun tidak luput dari serangan hoaks.

Kebaradaan hoaks seputar jabatan ketua KPK disajikan dengan beragam kemasan, sehingga dapat menyesatkan pihak yang mempercayai kabar palsu tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah membuktikan sejumlah hoaks terkait jabatan ketua KPK, berikut kumpulannya.

Ketua KPK Firli Bahuri Terima Suap dari Anies Baswedan Rp 2,3 Triliun

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri menerima suap dari Anies Baswedan Rp 2,3 triliun.

Klaim Ketua KPK Firli Bahuri menerima suap dari Anies Baswedan Rp 2,3 triliun diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Maret 2023.

Unggahan tersebut berupa tautan video YouTube berjudul.

"SRI MULYANI BONGKAR SEMUANYA, TERNYATA FIRLI BAHURI DISUAP ANIES 2,3 TRILIUN UNTUK TUTUPI KASUSNYA"

Benarkah klaim Ketua KPK Firli Bahuri menerima suap dari Anies Baswedan Rp 2,3 triliun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ahok Resmi Jadi Ketua KPK pada 24 Februari 2023

Kabar tentang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi jadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 24 Februari 2023 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 Februari 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berjudul "UPDATE TERKINI AHOK JADI KETUA KPK, KEINGINAN AHOK MASUK KABINET KERJA JOKOWI AKHIRNYA TERWUJUD".

Gambar thumbnail video tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi tengah berjabat tangan dengan Ahok. Keduanya tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam.

"Vir4l ~ 24 F3bruari 2023 ~ Ah0k Resmi Jadi K3tua K-pk," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.900 kali direspons dan mendapat 1.600 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Ahok resmi menjabat Ketua KPK pada 23 Februari 2023? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.