Sukses

Lawan Hoaks, Google Gencarkan Kampanye Prebunking di Eropa

Google meluncurkan kampanye prebunking untuk melawan hoaks di Eropa. Mereka akan merilis sejumlah video pendek bagaimana cara kerja disinformasi.

Liputan6.com, Jakarta - Google meluncurkan kampanye prebunking untuk melawan hoaks di Eropa. Mereka akan merilis sejumlah video pendek bagaimana cara kerja disinformasi.

Video pendek itu rencananya akan dipasang sebagai iklan di platform populer seperti Facebook, Youtube, dan Tiktok. Untuk tahap pertama video itu akan diluncurkan di Jerman mengikuti langkah yang dilakukan di India.

Tahun lalu video pendek Google untuk prebunking ditayangkan di Polandia, Republik Ceko, dan Slovakia. Video ini membahas klaim salah seputar pengungsi Ukraina yang menyebabkan krisis pemukiman di negara tersebut.

Kampanye tersebut terbilang sukses karena videonya ditonton 38 juta kali, setengah dari populasi ketiga negara tersebut. Peneliti menemukan bahwa orang yang telah menonton video prebunking lebih sedikit terpapar hoaks ketimbang yang tidak menonton.

"Melalui prebunking maka orang bisa menyangkal kebohongan atau mengetahui teknik yang digunakan para pembuat hoaks. Jadi di masa depan mereka kebal terhadap hoaks tersebut," ujar Sander van der Linden, psikolog sosial dari Cambridge University dilansir Euronews.

"Namun sama seperti vaksin, video prebunking seperti ini harus dibooster atau diperbarui secara rutin. Sehingga efektivitasnya untuk melawan hoaks terus terjaga," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.