Sukses

Tangkal Hoaks Pemilu 2024, KPU Babel Bentuk Relawan Kader Demokrasi

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membentuk Relawan Kader Demokrasi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Salah satu tujuan pembentukan relawan tersebut yakni untuk mengantisipasi dan menangkal informasi palsu atau hoaks terkait Pemilu 2024.

"Mereka akan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS, termasuk mengantisipasi hoaks yang beredar terkait pemilu," kata Komisioner KPU Provinsi Babel, Fahrurrozi dilansir dari Antara, Jumat (25/11/2022).

Usai melantik 25 kader pemilu, Fahrurrozi mengatakan bahwa relawan akan bertugas mengajak dan menyosialiasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat desa.

"Pembentukan kader demokrasi ini dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024," tambah dia.

Fahrurrozi berharap, kader pemilu dapat menjadi agen demokrasi yang bisa membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu.

"Minimal mereka bisa memberitahukan kepada masyarakat, kapan tanggal pelaksanaan pemilu. Memastikan masyarakat terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan menanamkan kesadaran demokrasi," terang dia,.

KPU Provinsi memilih satu desa untuk setiap kabupaten/kota. Desa Baru terpilih karena rendahnya tingkat partisipasi pemilih saat pemilu dan pemilihan kepala daerah dengan rata-rata 69 persen.

"Kriteria pemilihan DP3 ini ada empat, yakni tingkat partisipasi rendah, daerah rawan bencana, tingkat pelanggaran tinggi, dan banyak pemilih kurang paham tentang pemilu," jelas Fahrurrozi

Seluruh Indonesia, ungkapnya, hanya ada 168 desa yang jadi pilot project DP3, sedangkan di Provinsi Babel hanya ada lima desa.

"Yang tidak ada hanya di Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah karena sebelumnya sudah pernah kita bentuk," ujarnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.