Sukses

Ragam Hoaks Aplikasi Percakapan Bagikan Hadiah, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi percakapan menjadi sarana untuk berkomunikasi bagi masyarakat di era internet seperti sekarang. Sayangnya hoaks kerap beredar mencatut nama sejumlah aplikasi percakapan terkenal.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama aplikasi percakapan ternama? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Kuota Internet 50 Gb dari Whatsapp

Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Juni 2022.

Berikut isi postingannya:

"Lihat ini, Gratis 50GB (Semua Jaringan) berlaku selama 90 hari dalam Perayaan Ulang Tahun WhatsApp.* * Saya Telah Menerima Milik Saya.* * BUKA INI*50gb006.online/?s=1"

Lalu benarkah pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Telegram Bagikan Pulsa Senilai Rp 1 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Telegram bagikan pulsa senilai Rp 1 juta, kabar tersebut tersebar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi Telegram bagikan pulsa senilai Rp 1 juta.

"Assalamualaikum Wr. Wb.HALLO kakak

dengan saya Rahmad Maulana langsung dari kantor TELEGRAM di Jakarta,,

SELAMAT Nomor ponsel kakak yang terdaftar di TELEGRAM nya mendapatkan apresiasi/Penghargaan langsung dari kantor TELEGRAM kita.

Berhak terima hadiah voucher PULSA gratis dari TELEGRAM senilai Rp.1.000.000

dalam rangka meningkatkan lagi pengguna aplikasi telegram kitaYang sudah mencapai 500 juta pengguna.

Kita tanyakan dulu sama kakak ini pulsanya mau minta dikirimkan di nomor yang terdaftar di telegram atau di nomor yang berbedah..?????

Cs@Telegram.co.id"

Benarkah informasi Telegram bagikan pulsa senilai Rp 1 juta? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS