Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Kuota Internet 50 Gb dari Whatsapp

Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Juni 2022.

Berikut isi postingannya:

"Lihat ini, Gratis 50GB (Semua Jaringan) berlaku selama 90 hari dalam Perayaan Ulang Tahun WhatsApp.* * Saya Telah Menerima Milik Saya.* * BUKA INI*50gb006.online/?s=1"

Lalu benarkah pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri website resmi Whatsapp yakni www.whatsapp.com. Tidak ada pengumuman seperti yang beredar di pesan berantai tersebut.

Selain itu di semua akun media sosial resmi Whatsapp juga tidak pernah ada pengumuman tersebut.

Sebelumnya Cek Fakta Liputan6.com juga pernah menulis artikel bantahan yang serupa dengan pesan berantai yang beredar saat ini.

Namun saat itu pesan berantai yang beredar menjanjikan kuota internet sebesar 35 Gb. Berikut link artikelnya...

Website resmi Whatsapp sendiri hanya www.whatsapp.com. Mereka juga tidak pernah membagikan kuota atau hadiah apapun terlebih menautkan link dari website lain.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai menjanjikan kuota internet sebesar 50 Gb dalam rangka ulang tahun Whatsapp adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.