Sukses

Patroli Siber Ditingkatkan Antisipasi Maraknya Akun Palsu Sebar Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks banyak menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan. Itu sebabnya patroli siber pun terus digalakkan seperti yang dilakukan oleh jajaran kepolisian Polres Aceh Barat.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso.

Ia menyebut patroli siber dilakukan untuk mencegah peredaran hoaks atau berita palsu di masyarakat.

"Kami sudah melaksanakan patroli siber dan akan melakukan penegakan hukum jika ada pelanggaran. Pelanggaran itu seperti akun media sosial yang menyebarkan konten berita palsu," ujar Pandji dilansir Antara.

"Kami mengimbau masyarakat untuk menyaring terlebih dahulu informasi yang didapat sehingga terhindar dari informasi palsu. Saring sebelum sharing, dilihat dulu beritanya, dan ingat konten yang kita tonton terus-menerus akan menjadikan jati diri kita seperti itu, maka bermedsoslah dengan cerdas," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.