Sukses

Ragam Artikel Hoaks Catut Nama Merdeka.com, Simak Faktanya

Hoaks kerap mencatut nama media massa besar tak terkecuali Merdeka.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama media massa besar tak terkecuali Merdeka.com. Hoaks ini beredar di masyarakat melalui media sosial dan aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama Merdeka.com. Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Artikel Merdeka.com "Ma'ruf: Jokowi punya Mukjizat Bisa Berbicara dengan Binatang Seperti Nabi Sulaiman"

Beredar di media sosial postingan artikel Merdeka.com berjudul "Ma'ruf: Jokowi punya Mukjizat Bisa Berbicara dengan Binatang Seperti Nabi Sulaiman". Postingan itu banyak disebarkan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 23 April 2022.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel Merdeka.com berjudul "Ma'ruf: Jokowi punya Mukjizat Bisa Berbicara dengan Binatang Seperti Nabi Sulaiman".

Akun itu menambahkan narasi:

"Bisa juga bicara sama tuyul,Babi ngepet genderuo.Makanya uang haji tiba tiba hilang Jiwasraya lenyap,kotak wakaf raib"

Lalu benarkah postingan artikel Merdeka.com berjudul "Ma'ruf: Jokowi punya Mukjizat Bisa Berbicara dengan Binatang Seperti Nabi Sulaiman"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Merdeka.com "Mahfud MD: Jokowi Bapak Pahlawan Bangsa Melebihi Jenderal Sudirman"

Beredar di media sosial postingan artikel Merdeka.com berjudul "Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jenderal Sudirman". Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 17 April 2022.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel Merdeka.com berjudul "Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jenderal Sudirman"

Akun itu juga menambahkan narasi: "Jilat Terus Tuh"

Lalu benarkah postingan artikel Merdeka.com berjudul "Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jenderal Sudirman"? Simak dalam artikel berikut ini...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Lainnya

3. Cek Fakta: Hoaks Artikel Merdeka.com Berjudul "Maruf: Siapa Yang Gak Mau Bayar Zakat Masuk Neraka Jahanam"

Beredar di media sosial artikel Merdeka.com berjudul "Maruf: siapa Yang Gak Mau Bayar Zakat Masuk Neraka Jahanam". Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 April 2022.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel Merdeka.com berjudul "Maruf siapa Yang Gak Mau Bayar Zakat Masuk Neraka Jahanam".

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Harusnya yg tepat kalimat di bawah ini Mbah Ma'ruf Amin...

"Siapa yg menandatangani DANA HAJI untuk INFRASTRUKTUR masuk NERAKA JAHANAM"

Lalu benarkah artikel Merdeka.com berjudul "Maruf siapa Yang Gak Mau Bayar Zakat Masuk Neraka Jahanam"? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.