Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Kaca Indomaret Pecah Akibat Membeludaknya Konsumen Membeli Minyak Goreng

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim kaca Indomaret pecah akibat membeludaknya konsumen membeli minyak goreng beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 19 Januari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto Indomaret yang bagian pintu kacanya pecah. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan membeludaknya konsumen yang membeli minyak goreng di Indomaret.

"Gara gara minyak pecah kaca indomaret.

Ganas kali mak mak rebutan minyak.hahahah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu kaca Indomaret pecah karena antrean konsumen membeli minyak goreng? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim kaca Indomaret pecah karena antrean konsumen membeli minyak goreng. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Public Relations Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) A. Nenny Kristyawati.

Nenny mengatakan, pintu kaca Indomaret yang pecah dalam foto tersebut bukan disebabkan membeludaknya antrean konsumen membeli minyak goreng.

"Sama sekali tidak terkait dengan adanya pembelian minyak goreng di toko," ungkap Nenny kepada Liputan6.com, Rabu (26/1/2022).

Nenny menjelaskan, foto itu merupakan insiden tabrakan di salah satu toko Indomaret di Aceh pada 19 Januari 2022.

Ketika itu, seorang karyawan hendak menghidupkan motor yang terparkir di depan toko. Namun, karyawan itu menekan gas terlalu dalam, sehingga motor melaju dan menabrak pintu kaca toko.

"Kejadian di Toko Indomaret di Aceh adalah insiden kecelakaan murni," ucap dia.

Atas kejadian itu, seorang petugas mengalami luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. "Personel segera dilarikan ke rumah sakit dan sudah ditangani oleh dokter," ujar Nenny.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim kaca Indomaret pecah karena antrean konsumen membeli minyak goreng ternyata tidak benar. Faktanya, foto itu merupakan insiden tabrakan di salah satu toko Indomaret di Aceh pada 19 Januari 2022.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak mana pun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.