Sukses

Lawan Hoaks, Kominfo Jatim Inisiasi Bentuk Pokja Khusus

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya hoaks yang beredar di masyarakat membuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jawa Timur bergerak cepat. Mereka menginisiasi pembentukan Pokja Anti Hoax untuk memerangi hoaks itu.

Pokja Anti Hoax dibentuk untuk meningkatkan pelayanan informasi dan pengaduan masyarakat melalui Media Sosial (Medsos). Selain itu Pokja Anti Hoax ini menjadi koordinasi antar dan lintas instansi di lingkungan Pemprov Jatim.

"Berita hoaks atau bohong lebih cepat beredar. Jika dibiarkan akan membingungkan masyarakat," ujar Hudiyono, Kepala Kominfo Jatim dilansir laman Kominfo Jatim.

Di sisi lain Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim, Arief Rahman menyebut pembentukan Pokja Anti Hoax bakal punya peran positif di masyarakat.

"Menjadi konsen bersama bahwa terjadi kekosongan hukum di sisi media sosial, padahal informasi yang terdistrubusi ke masyarakat sekarang mediumnya adalah lebih banyak menggunakan medsos. Sementara mediumnya itu tidak steril dalam arti banyak membawa sampah, oleh sebab itu hal ini menjadi tanggung jawab bersama," ujar Arief.

Di sisi lain Polda Jatim juga mendukung penuh upaya pembentukan Pokja Anti Hoax ini. "Adanya wadah ini bisa membantu terkait masalah pengecekan informasi supaya tidak terjadi pembiasan," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Reply Handoko.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.