Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Suporter Liga Jerman Bentangkan Koreografi Memperingati Maulid Nabi Muhammad

Beredar video yang diklaim suporter Liga Jerman membentangkan koreografi memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim suporter Liga Jerman membentangkan koreografi memperingati maulid Nabi Muhammad SAW beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 19 Oktober 2021.

Video berdurasi 1 menit 13 detik itu memperlihatkan kelompok suporter membentangkan koreografi bertuliskan aksara arab di sebuah stadion jelang pertandingan sepak bola.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan aksi suporter Liga Jerman membentangkan koreografi untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

"SUPORTER LIGA JERMAN SEKALIGUS MEMPERINGATI MAULID NABI MEMBENTUK FORMASI YA HABIBI YA RASULALLAH..," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 80 kali ditonton dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut suporter Liga Jerman membentangkan koreografi untuk maulid Nabi Muhammad SAW? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim suporter Liga Jerman membentangkan koreografi untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat video identik yang diunggah di situs berbagi video YouTube. Satu di antaranya video berjudul "Ittihad FC Fans Chant Tala Al Badru 'Alayna/ Praises to Prophet Muhammad ï·º" yang dimuat channel YouTube Mohammed Abbasi pada 12 Mei 2015 lalu.

"On the 20th of February 2015, thousands of Al Ittihad FC fans chanted praises to the Prophet Muhammad ï·º. They sang the famous 'Tala Al Badru 'Alayna' song which is thought to have been sung by the Prophet's companions on his arrival to Madinah from from Makkah. The fans also held yellow and black signs to form a message saying 'Oh Messenger of Allah, my beloved'," tulis channel YouTube Mohammed Abbasi.

Video tersebut merupakan aksi suporter dari klub sepakbola Al Ittihad FC. Mereka meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’ yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Mohammed Abbasi.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=eJdPd7Ftubg

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim suporter Liga Jerman membentangkan koreografi untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan suporter Liga Arab Saudi, Al Ittihad FC, bukan suporter salah satu klub Liga Jerman.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.