Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Bunga Kitolod Bisa Menyembuhkan Katarak

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, terdapat informasi yang beredar di Facebook terkait penggunaan bunga kitolod dapat menyembuhkat penyakit mata katarak. Informasi yang disebarkan salah satu akun Facebook itu telah mendapatkan 6 ribu komentar, disukai 12 ribu kali, dan dibagikan sebanyak 104 kali.

Berikut adalah narasi yang dibagikan:

"Udah Tau Belum?

#TANAMAN_AJAIB_MENGOBATI

#KATARAK_MATA_MINUS_DAN_RABUN

Katarak yakni bagian dalam lensa mata yang berkabut. Katarak berkenaan dengan penuaan dimana jaringan dalam lensa mata mulai rusak serta saling menggumpal, mengakibatkan lensa kurang lentur serta transparan.

Meskipun sebagain besar katarak berkenaan dengan usia, walaupun itu beberapa faktor khusus yang tingkatkan kemungkinan terserang penyakit katarak. Resiko ini mencakup mereka yang merokok, mengomsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu berlebihan, pernah alami cedera mata atau bedah mata.

Tanaman herbal yang bisa menolong mengobati penyait itu satu diantaranya yakni kitolod. Kitolod memiliki kandungan bahan lebelin, lobelamin serta isotomin. Daunnya memiliki kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, serta polifenol. Getahnya bertindak singkirkan akar bakteri pada mata sampai sangat pas untuk mengobati serta obati katarak, minus, plus, bahkan tumor mata.

Berikut ini yakni resep racikan alami untuk menolong menyembuhkan penyakit katarak.

Bahan bahan :

- Bunga kitolod yang masih fresh sekedarnya.

- 1 gelas air putih.

Cara Membuat :

1. Bersihkan seluruh bahan.

2. Masukkan bunga kitolod segar ke satu gelas air putih.

3. Tutup gelas serta diamkan selama 5 menit, lantas pakai air rendaman bunga ini untuk merambang atau merendam mata.

4. Lakukan dengan cara teratur, setiap hari sehingga keadaan serta kondisi penyakit katarak yang di derita sembuh.

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat...

Copas dari : Inspirasi

Oleh Yuri Riantara – 30052018"

Benarkah bunga kitolod dapat menyembuhkan katarak? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri bunga kitolod yang diklaim dapat menyembuhkan katarak. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM (K) dari Jakarta Eye Center.

Dr Budi mengatakan, bunga kitolod tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan mata katarak.

"Waduh, enggak ada deh bunga untuk menyembuhkan mata katarak," ujar dr Budi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (13/10/2021).

Dr Budi menambahkan, bunga kitolod juga belum teruji secara ilmiah dapat menyembuhkan mata katarak.

"Belum ada bukti ilmiahnya," ucap dia.

Penelusuran juga dilakukan dengan menghubungi Ahli Vitreo Retina, dr. Gitalisa Andayani, Sp.M (K). Menurut dr Gita, bunga kitolod tidak bisa menyembuhkan katarak.

"Jadi, menurut profesi kami, khasiat bunga kitolod untuk katarak adalah hoax kesehatan," kata dr Gita kepada Liputan6.com, Rabu (13/10/2021).

Dr Gita tak menampik, banyak berita yang menyatakan bahwa daun kitolod atau "bunga katarak" bermanfaat menangani gangguan mata termasuk katarak.

Kandungan daun kitolod dilaporkan mengandung komponen ethanol termasuk alkaloid, tannin, flavinoid, saponin, dan steroid.

"Sebelum kita mempercayai manfaat tanaman di atas, kita perlu memahami bahwa katarak adalah keruhnya lensa mata kita secara perlahan, akibat proses degenerasi atau penuaan," tutur dr Gita.

Dr Gita menjelaskan, pengobatan yang tepat untuk katarak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika katarak masih fase awal, bisa ditanggulangi dengan kacamata. Namun bila sudah menyebabkan kekeruhan signifikan dan sangat mengganggu, harus dilakukan operasi.

"Operasi katarak modern saat ini sudah dilakukan di berbagai RS dan klinik di tanah air, termasuk menggunakan BPJS, dengan dokter terlatih dan peralatan modern. Komplikasi sangat rendah," tutup dr Gita.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim penggunaan bunga kitolod dan segelas air untuk menyembuhkan mata katarak ternyata tidak benar. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.