Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kabar Longsor di Jalur Medan-Berastagi pada 19 September 2021

Liputan6.com, Jakarta - Telah beredar informasi mengenai bencana longsor besar di Berastagi tepatnya di jalan pintas Panatapan Aqua - Sembahe. Informasi ini dibagikan oleh seorang pengguna Facebook pada 19 September 2021.

Informasi tersebut disertai dua unggahan foto dan narasi. Berikut adalah narasi yang tertulis:

"Bagi tmn2 yg SDG MENUJU MEDAN via BRASTAGI,sy SARANKAN PUTAR BALIK krna BARUSAN LONGSOR BESAR di JLN LINTAS PANATAPAN AQUA-SEMBAHE=macat total.

LEWAT LAH VIA MEREK ARAH SERIBUDOLOK BELOK KIRI MELINTASI DESA GUNUNG MERIAH- SARAN PADANG-GALANG KELUAR LAMPU MERAH PAKAM BELOK KIRI JLN LINTAS KE TJ.MORAWA/amplas. smoga bermanfaat. tetap Hati2.."

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 722 kali dibagikan dan mendapat 16 komentar dari warganet.

Lalu, benarkah informasi bencana longsor tersebut? Simak penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri foto tersebut dengan menggunakan Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel dengan foto yang sama. Artikel tersebut  berjudul "20 Titik Longsor di Jalur Medan-Berastagi, Lalu Lintas Lumpuh" yang diterbitkan situs cnnindonesia.com pada 4 Desember 2020.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs cnnindonesia.com.

 

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah foto lainnya ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. 

Satu di antaranya artikel berjudul "Longsor Jalan Medan-Berastagi, Satu Sopir Truk Tewas, Lalu Lintas Lumpuh Total" yang dimuat situs kompas.com pada 4 Desember 2020 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kompas.com.

 

 

Referensi

https://regional.kompas.com/read/2020/12/04/11335941/longsor-jalan-medan-berastagi-satu-sopir-truk-tewas-lalu-lintas-lumpuh-total

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201204130955-20-577962/20-titik-longsor-di-jalur-medan-berastagi-lalu-lintas-lumpuh

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi mengenai bencana longsor besar di Berastagi tepatnya di jalan pintas Panatapan Aqua - Sembahe pada 19 September 2021 ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Foto-foto yang disebarkan tersebut adalah peristiwa longsor pada Desember 2020 lalu.

 

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.