Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video KSAD Jenderal Andika Perkasa Adu Otot dengan Tentara Amerika Serikat

Beredar video yang diklaim KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa beradu otot dengan tentara Amerika Serikat. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa beradu otot dengan tentara Amerika Serikat beredar di media sosial. Video tersebut salah satunya disebarkan akun Facebook Demas Mautuka pada 14 Agustus 2021.

Dalam video tersebut, tampak seorang prajurit TNI tengah beradu otot dengan prajurit dari Amerika Serikat. Anggota TNI dalam video itu kemudian disebut-sebut sebagai Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Jenderal kebanggaan saya dan rakyat Indonesia. Ku doakan, bapak KASAD sehat selalu dlm mengemban tugas Negara.

Sumber Video: Group WhatsApp. 🙏," tulis akun Facebook Demas Mautuka.

Konten yang disebarkan akun Facebook Demas Mautuka telah 276 kali ditonton dan mendapat 10 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut KSAD Jenderal Andika Perkasa beradu otot dengan tentara Amerika Serikat? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa beradu otot dengan tentara Amerika Serikat. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "jenderal andika perkasa adu otot" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai sosok anggota TNI yang beradu otot dengan tentara Amerika Serikat. Satu di antaranya artikel berjudul "Bukan Jenderal Andika, Ini Sosok Prajurit Adu Otot dengan Tentara Amerika" yang dimuat situs Liputan6.com pada 14 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video beredar di sosial media menunjukkan kegagahan seorang personel TNI bersama tentara Amerika Serikat atau US Army. Dalam video tersebut tertulis 'Kasad Vs US Army'. Bila dilhat sekilas, prajurit yang mengenakan masker dan celana loreng hijau tersebut persis KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Berdasarkan rekaman yang diterima Liputan6.com, Sabtu (14/8/2021), kontes unjuk otot dua prajurit antar negara itu dikelilingi tentara lainnya yang bersorak.

Meski perawakan tentara Indonesia kalah tinggi dengan tentara Amerika, namun tampak otot-otot prajurit tersebut lebih besar.

Apakah itu KSAD Jenderal Andika Perkasa?

"Wah ini bukan saya lho, mas. Ini adalah anggota TNI AD berpangkat Sersan Mayor," kata Andika kepada Liputan6.com, Sabtu (14/8/2021).

Berdasarkan keterangan dari Dinas Penerangan TNI AD, prajurit tersebut bernama lengkap Atang Ependi. Dia berdinas di kesatuan Pusat Pendidikan Pembekalan Angkutan Kodiklat TNI AD. Atang saat ini berdinas di Mabes AD dan menjadi pendamping fitness Jenderal Andika.

Pada Rabu, 11 Agustus 2021, Andika memang mengaku sedang berada di Sulawesi Selatan untuk meninjau langsung latihan bersama antara TNI AD dengan US Army.

"Saya masih ada di Sulawesi Utara meninjau latihan bersama TNI AD-US Army," tutur Andika kepada Liputan6.com pada Rabu lalu.

Sehari kemudian, dirinya bertolak ke Kalimantan Timur juga untuk melakukan peninjauan agenda pelatihan prajurit TNI AD.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa beradu otot dengan tentara Amerika Serikat ternyata tidak benar. Faktanya, anggota TNI dalam video itu merupakan Atang Ependi.

Dia berdinas di kesatuan Pusat Pendidikan Pembekalan Angkutan Kodiklat TNI AD. Atang merupakan pendamping fitness Jenderal Andika.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.