Sukses

Facebook Hapus 308 Akun Palsu yang Sebar Hoaks Seputar Vaksin Covid-19 Buatan AstraZeneca dan Pfizer

Pada November dan Desember 2020 jaringan akun itu menyebar hoaks yang menyebut orang yang sudah divaksin AstraZeneca akan menjadi simpanse.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menjelaskan telah menghapus 308 akun palsu pada pekan ini yang terbukti menyebarkan hoaks atau informasi palsu terkait vaksin covid-19 buatan Pfizer dan Astrazeneca.

Facebook menjadi sorotan dari eluruh dunia karena dianggap sebagai media penyebaran hoaks seputar vaksin covid-19 di media sosial. Itu sebabnya Facebook pun terus mengambil kebijakan untuk mengurangi penyebaran hoaks itu.

Facebook menyebut akun yang dihapus terhubung pada perusahaan bernama Fazze dan bermarkas di Rusia. Akun tersebut menyebar hoaks dengan menargetkan pengguna di Amerika Latin, India, dan Amerika Serikat.

Pada November dan Desember 2020 jaringan akun itu menyebar hoaks yang menyebut orang yang sudah divaksin AstraZeneca akan menjadi simpanse. Selain itu ada juga postingan mengenai AstraZeneca yang diklaim memanipulasi hasil uji klinis.

Pada Mei 2021, jaringan akun itu juga menyebar hoaks vaksin covid-19 buatan Pfizer meningkatkan kematian. Meski demikian Facebook belum mengetahui siapa di balik jaringan akun penyebar hoaks itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.