Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pos Indonesia Bagikan iPhone hingga Samsung

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung. Informasi tersebut tersebar lewat media sosial.

Informasi Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung berupa pemberitahuan, dengan narasi seperti berikut:

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung

Kemudian dalam informasi tersebut penerima pesan digiring untuk menekan menu 'Ok' kemudian berlanjut pada halaman berikutnya berupa lembar pengisian data.

Benarkah Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung, dalam artikel berjudul "Waspada, Pesan Berantai Janjikan Hadiah dari PT Pos Indonesia" yang dimuat liputan6.com, pada 31 Juli 2021.

Dalam artikel liputan6.com, Pos Indonesia meminta masyarakat mewaspadai pesan berantai yang menjanjikan sejumlah hadiah dari PT Pos Indonesia. Mereka menegaskan tidak sedang membuat program seperti itu.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat iming-iming untuk mendapatkan hadiah menarik seperti smartphone. Namun masyarakat diminta mengisi dahulu sejumlah pertanyaan dalam tautan yang disertakan.

Dalam postingan di akun Instagram resmi, @posindonesia.ig pada 28 Juli 2021, PT Pos Indonesia menjelaskan hal tersebut.

"Sahabat, kalau kamu ada yang dapet info tentang 'Pos Indonesia bagi-bagi hadiah HP dll' kaya di atas, hati-hati ya karena itu berita HOAX! Selalu cek dan ricek dulu, supaya kamu enggak jadi korban penipuan phishing".

Akun Instagram resmi PT Pos Indonesia pun membatah informasi pembagian membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung. Dengan mengunggah pemberitahuan sebagai berikut:

 

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CR2xzh4Dry9/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung tidak benar.

Informasi tersebut telah dibantah PT Pos Indonesia dan modus pencurian data.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.