Sukses

Waspada, Pesan Berantai Janjikan Hadiah dari PT Pos Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Pos Indonesia meminta masyarakat mewaspadai pesan berantai yang menjanjikan sejumlah hadiah dari PT Pos Indonesia. Mereka menegaskan tidak sedang membuat program seperti itu.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat iming-iming untuk mendapatkan hadiah menarik seperti smartphone. Namun masyarakat diminta mengisi dahulu sejumlah pertanyaan dalam tautan yang disertakan.

Saat diklik dalam tautan yang dimaksud terdapat sejumlah pertanyaan pribadi dan rahasia yang harus dijawab. Seperti nama lengkap, email, hingga alamat dan nomor kartu debit atau kredit.

Dalam postingan di akun Instagram resmi, @posindonesia.ig pada 28 Juli 2021, PT Pos Indonesia menjelaskan hal tersebut.

"Sahabat, kalau kamu ada yang dapet info tentang 'Pos Indonesia bagi-bagi hadiah HP dll' kaya di atas, hati-hati ya karena itu berita HOAX! Selalu cek dan ricek dulu, supaya kamu enggak jadi korban penipuan phishing"

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.