Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Salat Idul Adha Terbesar di AS dalam Video Ini Dilaksanakan pada 2021

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Info Berita Terkini, pada 21 Juli 2021.

Unggahan klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021 tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Umat muslim Amerika Gelar shalat idul Adha terbesar tahun ini"

Video yang diunggah menampilkan video siaran berita stasiun televisi dibawakan oleh dua pembawa berita, seorang pembawa berita lelaki membuka siaran berita tersebut berikut narasinya:

Umat muslim Amerika Serikat menggelar Salat Ied terbesar dalam perayaan Idul Adha di New Jersey Amerika Serikat"

Kemudia pembawa berita perempuan menimpalinya dengan narasi sebagai berikut:

"Sekitar 100 ribu jemaah menghadiri Salat Ied tersebut dan reportet TvOne Yandri Subekti ikut dalam pelaksanaan Salat Ied terbedar di Amerika Serikat tersebut."

Kemudian video menampilkan perjalanan menuju bangunan berbentu bundar yang terdapat sejumlah orang lelaki dan perempuan.

Pada tayangan tersebut terdapat tulisan sebagai berikut: "LIPUTAN KHUSUS REPORTER TvOne. NEW JERSEY. ASIDUL ADHA DI AMERIKA SERIKAT"

Bernarkah video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021 dengan menjadikan video tersebut sebagai petunjuk penelusuran menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Salat Idul Adha terbesar Amerika'

Penelusuran mengarah pada artikel video berjudul "Salat Id Terbesar dalam Sejarah Amerika" yang dimuat situs viva.co.id, pada 12 Agustus 2019.

Artikel  situs viva.co.id memuat video yang identik dengan klaim.

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021

Berikut keterangan tersebut:

"VIVA – New Jersey, Amerika Serikat menggelar salat terbesar dalam perayaan Idul Adha pada tahun ini dengan dihadiri oleh 100 ribu jemaah. Gelaran Salat Id yang digelar di stadion Metlife ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat selama ini."

Penelusuran juga mengarah pada video berujudul "Terbesar di Amerika, Ratusan Ribu Warga Muslim Sholat Idul Adha di New Jersey" akun YouTube resmi TvOne, pada 12 Agustus 2019.

Akun YouTube resmi TvOne memuat video yang identik dengan klaim dan diberi keterangan sebagai berikut:

"Umat muslim di Amerika Serikat menggelar sholat Idul Adha terbesar di New Jersey. sekitar 100 ribu warga mengikuti sholat ied tersebut."

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=5nxr1LAD4nU

https://www.viva.co.id/tvone/tvone-news/77871-salat-id-terbesar-dalam-sejarah-amerika

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video umat muslim Amerika Serikat Salat Idul Adha terbesar pada 2021 tidak benar.

Video Salat Idul Adha terbesar diselenggarakan di New Jersey, Amerika Serikat tersebut terjadi pada 2019 bukan 2021.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut