Sukses

Video Hoaks Sepekan: Kekuatan Sistem Pertahanan Israel hingga Cristiano Ronaldo Sumbang Gaji Bantu Hamas Beli Roket

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Satu di antaranya video yang diklaim kekuatan sistem pertahanan Israel. Video tersebut disebarkan akun Facebook Kajian Ustadz Adi Hidayat LC MA, pada 16 Mei 2021.

Klaim video sistem pertahanan Israel menampilkan alat persenjataan yang terlihat seperti sedang menembakan peluru ke udara dengan target benda terbang yang menyerupai pesawat. Dalam tayang tersebut terdapat tulisan "Israel Defense System".

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"خوایە موسڵمانانی فەڵەستین و براکانمان بپارێزیت لەدەستی جولەکەکان و سەرکەوتنی هاوشێوەی (بەدر)یان پێ ببەخشیت.

#Doaforpalestine

#savepalestine

#Savegaza"

Namun setelah ditelusuri, klaim video sistem pertahanan Israel tidak benar. Video tersebut tidak nyata. Ini adalah grafik simulasi video game ARMA 3.

Selain video yang diklaim kekuatan sistem pertahanan Israel, terdapat video hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

2 dari 4 halaman

Cristiano Ronaldo Sumbang Gajinya untuk Bantu Hamas Beli Roket

Sebuah video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo pada 17 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 10 menit 44 detik itu, terlihat gambar alat tempur milik tentara, termasuk roket dan peluru kendali.

Selain itu terdapat juga gambar wawancara Cristiano Ronaldo. Eks pemain Real Madrid itu tampak tengah duduk dan mengenakan kemeja berwarna biru. Terdapat narasi yang menyebut bahwa Ronaldo akan menyumbangkan 1000 roket untuk melawan Israel.

"1000 roket saya sumbangkan untuk ratakan Israel"

"Ronaldo Sumbangkan Gajinya Untuk Bantu Hamas Beli Roket...👈📢‼‼" tulis akun Facebook Rizky Mth Subudiyo.

Video yang disebarkan akun Facebook Rizky Mth Subudiyo telah 36 kali ditayangkan dan mendapat sejumlah repons dari warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket ternyata tidak benar.

Faktanya, video wawancara Cristiano Ronaldo tidak terkait dengan konflik Palestina dan Israel. Video tersebut merupakan pesan moral dan dukungan kepada anak-anak di Suriah.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: