Sukses

Cek Fakta: Viral Video Iring-iringan Presiden Jokowi Pulang Kampung, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim iring-iringan Presiden Jokowi pulang kampung beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Rjunov Bowo Suta pada 9 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 41 detik itu, tampak rombongan Presiden Jokowi melintas di sebuah jalan. Terdengar teriakan seseorang dalam video yang menyebut bahwa Presiden Jokowi pulang kampung.

"RI 1 pulang kampung tuh," teriak seseorang dalam video tersebut.

Akun Facebook Rjunov Bowo Suta kemudian menambahkan narasi dalam video yang diunggahnya.

"Rakyatnya d larang mudik..Dianya bebas..dasar panjol...!!!" tulis akun Facebook Rjunov Bowo Suta.

Benarkah dalam video tersebut Presiden Jokowi pulang kampung? Berikut penelusurannnya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim iring-iringan Presiden Jokowi pulang kampung. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "video presiden jokowi pulang kampung" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video viral tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Istana Jelaskan Video Viral Iringan Jokowi Pulang Kampung saat Mudik Dilarang" yang dimuat situs Liputan6.com pada 10 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membantah soal video viral yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi mudik ke kampung halaman. Dia menjelaskan, video tersebut diambil saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur.

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021," jelas Bey kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Menurut dia, video tersebut adalah rombongan Presiden hendak menuju Surabaya dari Lamongan. Kala itu, Jokowi diagendakan meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

"Lokasi di video tersebut di daerah Gresik sebelum masuk gerbang tol (GT) Kebomas," kata dia.

"Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur," sambung Bey.

Sementara itu, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama seluruh Kabinet Indonesia Maju tidak akan mudik pada Lebaran 2021.

Presiden Joko Widodo dan seluruh Kabinet Indonesia Maju juga tidak mudik Lebaran, diikuti seluruh pejabat di Pusat dan di daerah," kata Fadjroel dalam keterangannya, Sabtu 8 Mei 2021.

Bahkan, dipastikan baik Presiden Jokowi maupun seluruh jajaran kabinetnya tidak akan menggelar acara open house saat Lebaran nanti.

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim iring-iringan Presiden Jokowi pulang kampung ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut diambil saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur pada 6 Mei 2021 lalu.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: