Sukses

Istana Jelaskan Video Viral Iringan Jokowi Pulang Kampung saat Mudik Dilarang

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membantah soal video viral yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi mudik ke kampung halaman. Dia menjelaskan, video tersebut diambil saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur.

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021," jelas Bey kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Menurut dia, video tersebut adalah rombongan Presiden hendak menuju Surabaya dari Lamongan. Kala itu, Jokowi diagendakan meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

"Lokasi di video tersebut di daerah Gresik sebelum masuk gerbang tol (GT) Kebomas," kata dia.

"Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur," sambung Bey.

Sementara itu, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama seluruh Kabinet Indonesia Maju tidak akan mudik pada Lebaran 2021.

Presiden Joko Widodo dan seluruh Kabinet Indonesia Maju juga tidak mudik Lebaran, diikuti seluruh pejabat di Pusat dan di daerah," kata Fadjroel dalam keterangannya, Sabtu 8 Mei 2021.

Bahkan, dipastikan baik Presiden Jokowi maupun seluruh jajaran kabinetnya tidak akan menggelar acara open house saat Lebaran nanti.

 

2 dari 3 halaman

Video Beredar di Medsos

Sebelumnya, sebuah unggahan di media sosial mempertanyakan Presiden Joko Widodo pulang kampung saat pelaksanaan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19.

Unggahan di Twitter pada Sabtu, 8 Mei 2021 itu menyertakan rekaman video berdurasi 41 detik yang menampilkan rombongan pengamanan khusus di jalan raya.

Dilansir dari Antara, perekam video yang tampak berada di belakang kemudi sebuah kendaraan, dalam unggahan itu, menyebut, "Ini letter B. Ini pulang apa mudik nih kaya begini? Itu letter B semua tuh.. Udah buka wilayah pulang kampung.. RI 1 pulang kampung tuh.. RI 1 pulang kampung.."

Sementara, pemilik akun pengunggah video itu menambahkan narasi, "Apa iya Jokowi pulang kampung??? Berarti... Yg mudik... (mau bilang serbu, ngga berani)". Unggahan itu telah mendapatkan balasan dari 329 pengguna lain, diunggah ulang oleh 52 pengguna lain, dan disukai 643 akun lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: