Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Bantuan Selama Pandemi dari Bank BJB

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi informasi pembagian bantuan mengatasnamakan Bank BJB. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Nico Ramandey Ramandey. Dia mengunggahnya di Facebook pada 11 April 2021.

Berikut isi postingannya:

"Bantuan sosial finansial sebesar Rp 5.500.000. 2 NIK untuk 1 KK Daftar lengkaphttps://bankbjb.club/bantuan/?bjb."

Lalu pesan berantai berisi informasi Bank BJB memberikan bantuan selama pandemi?

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi pihak Bank BJB. Mereka menegaskan pesan berantai yang beredar adalah tidak benar.

"Tidak ada program seperti itu. Bank BJB tidak memiliki ataupun terlibat dalam program pembagian bantuan sosial sebagaimana yang tertera di website dan pesan singkat tersebut," ujar GM Corporate Secretary Bank BJB, Widi Hartoto dalam pernyataan melalui pesan singkat, Selasa (14/4/2021).

" Jadi saya tegaskan website itu bukan bagian dari channel komunikasi perusahaan. Itu laman web palsu yang mengatasnamakan Bank BJB,” ujarnya menambahkan.

Ia juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada pada informasi yang tidak jelas. "Seluruh bentuk informasi seputar promo, produk dan layanan, program maupun informasi lainnya akan diinformasikan secara resmi pada channel komunikasi resmi Bank BJB."

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi akun resmi Bank BJB di Instagram, @bankbjb yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat postingan yang berisi imbauan pada masyarat agar waspada pada banyaknya penipuan yang terjadi di media sosial dan aplikasi percakapan.

"HATI-HATI! Atas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan bank bjb, karena segala bentuk informasi mengenai produk, promo, program, ataupun informasi lainnya seputar bank bjb akan di informasikan secara resmi pada kontak resmi yang tertera seperti pada video di atas ini. Jangan sampai kamu terkecoh yaa, yuk ingat-ingat kontak resmi bank bjb!"

Dalam kolom komentar Bank BJB juga memberikan penjelasan pada masyarakat yang memberikan isi pesan berantai itu:

"Hai untuk hal tersebut mohon diabaikan Sahabat karena bukan merupakan website resmi dari bank bjb. Website resmi kami adalah www.bankbjb.co.id. Tetap jaga kerahasiaan data-mu ya Sahabat"

Sementara untuk kontak resmi juga dicantumkan di postingan yakni: akun Twitter: @infobankbjb, Instagram,: @bankbjb, Facebook: @bankbjb dan website: www.bankbjb.co.id."

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CNhrDaiB0X-/

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by bank bjb (@bankbjb)

3 dari 5 halaman

Kesimpulan:

Pesan berantai berisi informasi Bank BJB memberikan bantuan selama pandemi adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini