Sukses

Simak 4 Langkah untuk Lawan Hoaks, Mulai dari Diri Sendiri

Seluruh negara berupaya keras untuk meminimalisir penyebaran hoaks. Mulai dari menggandeng platform media sosial hingga memberikan hukuman berat bagi pelaku pembuat dan penyebarannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah meminta masyarakat berperan aktif untuk mencegah beredarnya hoaks. Apalagi peredaran hoaks semakin tak terkendali saat pandemi virus corona covid-19.

Hoaks menjadi salah satu dari masalah besar di seluruh dunia. Hoaks atau berita palsu menempati peringkat tertinggi di antara kejahatan siber menurut laporan dari Lloyd's Register Foundation.

Tak heran seluruh negara berupaya keras untuk meminimalisir penyebaran hoaks. Mulai dari menggandeng platform media sosial hingga memberikan hukuman berat bagi pelaku pembuat dan penyebarannya.

Lalu apa saja yang harus dilakukan masyarakat untuk melawan hoaks? Berikut langkahnya seperti dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Mengurangi Hoaks

1. Mewaspadai judul berita/ informasi yang bersifat provokatif

Ada baiknya mencari sumber berita resmi yang juga membahas topik yang sama untuk dijadikan pembanding.

Selain itu sumber berita resmi bisa membantu kita dalam mengidentifikasi informasi yang faktual.

2. Memeriksa fakta

Selalu periksa dua hal yakni:

- Sumber berita: Apakah berasal dari kanal informasi resmi milik institusi yang dapat kita kenali atau tidak.

- Jenis berita: Apakah informasi yang didapatkan berdasarkan fakta atau opini.

3. Cek keaslian foto

Menggunakan fitur dari reverse image search dari platform seperti Google atau Yandex. Caranya yakni melakukan drag and drop pada kolom pencarian gambar untuk menampilkan asal mula dari gambar.

4. Melaporkan berita atau informasi hoaks

Fitur report atau feedback di media sosial untuk melaporkan berita yang mengandung informasi negatif.

Masyarakat juga bisa langsung melaporkan langsung pada Kemkominfo lewat email aduankonten@kominfo.go.id.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.