Sukses

Kumpulan Hoaks Hadiah Uang dari Bank

Liputan6.com, Jakarta- Informasi seputar bank memiliki daya tarik bagi sejumlah orang, ini ditambah dengan iming-iming mendapatkan hadiah uang. Namun, tidak semua informasi tersebut benar.

Kita harus mewaspadai informasi tentang bank yang menjanjikan hadiah, agar tidak menjadi korban bahkan dirugikan. Sebab itu, sebelum mempercayai informasi yang didapat sebaiknya melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi hoaks seputar hadiah uang dari bank yang beredar di media sosial, hasilnya sebagian informasi tersebut hoaks.

Berikut hoaks seputar hadiah uang dari bank  hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Bank Indonesia Transfer Dana ke Rekening Pemenang Hadiah

Beredar pesan elektronik yang menyebut Bank Indonesia mentransfer sejumlah uang sebagai hadiah melalui rekening pribadi. Dalam pesan tersebut, penerima email mendapat hadiah ratusan juta Rupiah.

Dalam tangkapan layar di email tersebut, ada logo yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Kemudian, penerima pesan disebut memenangkan uang sebesar Rp 282 juta.

Pesan itu menyebutkan uang transfer tersebut merupakan ketentuan dari Bank Indonesia dan OJK. Bahkan, pesan itu disertai ancaman proses pencairan dana tidak jadi jika syarat tidak dipenuhi.

Lalu, benarkah Bank Indonesia membagikan hadiah sejumlah uang ratusan juta dan ditransfer langsung ke rekening pemenang? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pesan berantai yang menyebut Bank Indonesia sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dan langsung mentransfer ke rekening pribadi adalah hoaks.

Surat elektronik itu bukan dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Penerima pesan seperti ini diminta waspada terhadap penipuan.

 

2. Pesan Berantai Palsu Catut Bank CIMB Niaga Janjikan Hadiah Rp 50 Juta

Beredar melalui media sosial akun yang mengatasnamakan Bank CIMB Niaga. Akun tersebut mengirimkan pesan pribadi menjanjikan hadiah pada pengguna.

Dalam pesan berantai yang dikirim melalui DM Instagram, akun palsu itu mengklaim Bank CIMB Niaga sedang memberikan hadiah sebesar Rp 50 juta. Dalam pesan berantai tersebut juga menyertakan tautan ke halaman tertentu.

Akun itu menjelaskan tautan yang ada harus diisi dan digunakan untuk data pemenang sehingga hadiah bisa dicairkan.

Lalu benarkah Bank CIMB Niaga sedang membagikan hadiah Rp 50 juta dan meminta pengguna mengisi data melalui link yang disertakan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Pesan berantai yang menyebut Bank CIMB Niaga membagikan hadiah Rp 50 juta dengan mengisi data terlebih dahulu adalah hoaks.

CIMB Niaga telah menyatakan informasi tersebut palsu, bukan program perusahaan.

 

3. Pemilik Rekening BRI yang Telah Divaksin Dapat Bantuan Rp 1,5 juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pemilik rekening BRI yang telah divaksin mendapat bantuan langsung sebesar Rp 1,5 juta dari pemerintah, infotmasi tersebut diunggah akun Facebook Chaidir Wahyudi, pada 17 Maret 2021.

Berikut informasi pemilik rekening BRI yang telah divaksin dapat bantuan langsung Rp 1,5 juta dari pemerintah:

"Alhamdulillah

Beruntunglah Bagi Masyarakat Yg Sudah DI VAKSIN dan Mempunyai No Rekening & Kartu ATM BRI ,

Sesuai dengan Kepres No. 13/Kepres/RI/XII/2020, bahwa semua WNI yang sudah divaksin dan mempunyai No Rekening & Kartu ATM BRI , akan menerima bantuan langsung tunai sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan per Kartu Keluarga (KK) hingga pandemi covid 19 dinyatakan tuntas.

SYARAT2:

1. Foto Copy KK

2. Foto Copy Buku Tabungan

3. Foto Copy KTP Kepala Keluarga

4. Masing-masing rangkap 2Dana sudah dapat dicairkan langsung mulai 09 maret 2021 s/d 17 Mei 2021, dengan membawa syarat tersebut ke Bank BRI Terdekat .

Hal ini merupakan komitmen terbaru dari Menteri Keuangan RI & Menteri Kesehatan RI, diperkuat pidato Presiden RI di depan semua Kepala Daerah Indonesia.

Selain itu, beliau juga mempertegas akan memperbarui APBN 2021 untuk direvisi "Bantuan Langsung Tunai"

.Alhamdulillah, ternyata benar, rezeki itu datangnya tak diduga-duga.

Mari kita semua senantiasa bersyukur,...

_____________

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tulisan di atas dapat digolongkan dalam :

A. Cerpen

B. Cerita rakyat

C. Cerita khayal

D. Kesambet

E. Kesurupan

Pilih jawaban yang kamu anggap benar......😇😆🤭"

Benarkah informasi pemilik rekening BRI yang telah divaksin mendapat bantuan langsung sebesar Rp 1,5 juta dari pemerintah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi pemilik rekening BRI yang telah divaksin mendapat bantuan langsung sebesar Rp 1,5 juta dari pemerintah tidak benar.

Informasi tersebut telah dibantah pihak BRI dan KPCPEN, meski parodi informasi tersebut masuk kategori hoaks karena dapat menyesatkan.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com  untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut