Sukses

Cek Fakta: Waspada Pesan Berantai Palsu Catut Bank CIMB Niaga Janjikan Hadiah Rp 50 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui media sosial akun yang mengatasnamakan Bank CIMB Niaga. Akun tersebut mengirimkan pesan pribadi menjanjikan hadiah pada pengguna.

Dalam pesan berantai yang dikirim melalui DM Instagram, akun palsu itu mengklaim Bank CIMB Niaga sedang memberikan hadiah sebesar Rp 50 juta. Dalam pesan berantai tersebut juga menyertakan tautan ke halaman tertentu.

Akun itu menjelaskan tautan yang ada harus diisi dan digunakan untuk data pemenang sehingga hadiah bisa dicairkan.

Lalu benarkah Bank CIMB Niaga sedang membagikan hadiah Rp 50 juta dan meminta pengguna mengisi data melalui link yang disertakan?

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan melihat akun resmi Bank CIMB Niaga di Instagram, @cimb_niaga yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat postingan pada 7 Maret 2021 yang menjelaskan masalah ini.

"Hati-hati terhadap berbagai modus penipuan perbankan. Harap untuk #WaspadaSelalu terhadap akun palsu yang mengatasnamakan CIMB Niaga. Jangan mengklik link tidak dikenal karena dapat berakibat pencurian data penting serta mengendalikan sistem yang ada."

Mereka juga memberikan himbauan agar pengguna hanya percaya pada informasi dari akun resmi di media sosial yang sudah terverifikasi yakni di Instagram: @Instagram : @cimb_niaga, Facebook : CIMB Niaga, Twitter : @CIMBNiaga dan Youtube: CIMB Niaga.

Bank CIMB Niaga sendiri memberikan edukasi terkait penipuan melalui link berikut ini....

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by CIMB Niaga (@cimb_niaga)

 

Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/33139/hoaks-pemenang-hadiah-rp-50-juta-mengatasnamakan-bank-cimb-niaga/0/laporan_isu_hoaks

https://www.instagram.com/p/CMG70SnhlTp/?igshid=1jzxed9i53cn9

https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/bantuan/tips-keamanan

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Bank CIMB Niaga membagikan hadiah Rp 50 juta dengan mengisi data terlebih dahulu adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini