Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar di Foto Ini Anies Baswedan Tenggelam dalam Banjir

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tenggelam dalam banjir beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Gita Praharsini pada 22 Februari 2021.

Dalam foto tersebut, tampak genangan banjir dengan penuh sampah. Terdapat wajah Anies dalam gambar tersebut, sekilas jika diperhatikan Anies tampak tenggelam dalam banjir.

"Satu hal yg pasti, kalau UEA meninggalkan budaya islam, gw mah yakin, klo si an*s dasteran masi demen jual ayat2 alkuman," tulis akun Facebook Gita Praharsini.

Konten yang disebarkan akun Facebook Gita Praharsini telah 6 kali dibagikan dan mendapat 6 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Anies Baswedan tenggelam dalam banjir? Berikut penelusurannya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tenggelam dalam banjir.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto identik.

Adalah artikel berjudul "12 Potret miris kehidupan manusia modern akibat polusi tak terkendali" yang dimuat situs brilio.net pada 11 Agustus 2018 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs brilio.net

Foto dalam artikel tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

Potret anak laki-laki yang mencoba berenang melewati Sungai Yamuna di India yang secara teratur digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.

-Foto: Twitter/luisdoamaral

 

Referensi:

 

https://www.brilio.net/duh/12-potret-miris-kehidupan-manusia-modern-akibat-polusi-tak-terkendali-180810r.html#

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tenggelam dalam banjir ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan potret anak laki-laki yang mencoba berenang melewati Sungai Yamuna di India.

Foto yang disebarkan akun Facebook Gita Praharsini telah disunting atau diedit dengan menambahkan foto wajah Anies Baswedan.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: