Sukses

Ragam Hoaks Mencatut Nama Artis Indonesia, Baim Wong hingga Nissa Sabyan

Liputan6.com, Jakarta - Informasi palsu atau hoaks bisa menyerang siapa saja. Artis merupakan salah satu target yang biasanya menjadi sasaran pelaku hoaks.

Sepanjang tahun 2020, ada banyak hoaks yang mencatut nama artis top di Indonesia. Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com merangkam tiga hoaks yang mencatatu nama artis Indonesia.

1. Hoaks Baim Wong Bagi-Bagi Hadiah di Facebook

Klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY beredar di media sosial. Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY memuat beberapa unggahan yang mengklaim membagikan hadian sejumlah uang dengan syarat tertentu.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang. Klaim ini terjadi pada September 2020.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY ternyata tidak benar alias hoaks. Baim tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

 

2 dari 5 halaman

2. Hoaks Nissa Sabyan Bikin Nagis 3 Juri X Factor

Sebuah video sedang viral yang memperlihatkan Nissa Sabyan membuat nangis tiga juri ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, X Factor. Video itu berdurasi empat menit.

Dalam video, terlihat Nissa Sabyan melantunkan lagu berjudul: "Deen Assalam". Video itu juga memperlihatkan tiga juri, Cheryl, Simon Cowel, dan Nick Grimshaw menangis setelah mendengar suara merdu penyanyi berhijab ini.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim Nissa Sabyan membuat tiga juri X Factor menangis adalah hoaks. Faktanya, video yang viral di Facebook itu sudah dimanipulasi dengan menggabungkan dua video berbeda.

Baca selengkapnya di tautan ini.

 

3 dari 5 halaman

3. Hoaks Shah Rukh Khan Baper Dengar Suara Lesti Kejora - Rizky Billar

Ada klaim sebuah video yang mengklaim bintang Bollywood, Shah Rukh Khan baper dengan suara pasangan duet Lesti Kejora dan Rizky Billar.

Adalah akun bernama Berland TV yang mengunggah video mengklaim Shah Rukh Khan baper dengan duet Lesti Kejora dan Rizky Billar. Video berdurasi 2 menit dan empat detik itu diunggah ke Facebook pada 13 September 2020.

Klaim video yang memperlihatkan Shah Rukh Khan seolah-olah kagum dengan suara Lesti Kejora dan Rizky Billar adalah hoaks karena itu merupakan penggabungan dua video yang berbeda.

Baca selengkapnya di tautan ini.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: